PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD

Penulis

  • Tiara Anjarwati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Rara Deyu Kaslita Pendidikan Profesi Guru, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Septhia Wahyu Lestari Pendidikan Profesi Guru, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Rani Kusuma Wardani Pendidikan Profesi Guru, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Putri Natalia Sidabutar Pendidikan Profesi Guru, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia

Kata Kunci:

Pembelajaran Berdiferensiasi, problem-based learning, keaktifan belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 028/IV Kota Jambi yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pada setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas V yang ditandai dengan hasil presentase skor pada siklus yang mencapai kriteria keberhasilan. Hasil perolehan skor pada siklus I pertemuan I diperoleh skor 42,1, pada pertemuan kedua menjadi 64,7 %. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I yakni sebesar 76,5% dan kembali meningkat pada pertemuan kedua yaitu 84,2%. Pemerolehan skor pada siklus II ini sudah mencapai kriteria keberhasilan penelitian yaitu 80%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-03-25

Terbitan

Bagian

Articles