PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD
Kata Kunci:
Pembelajaran Berdiferensiasi, problem-based learning, keaktifan belajar siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 028/IV Kota Jambi yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pada setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas V yang ditandai dengan hasil presentase skor pada siklus yang mencapai kriteria keberhasilan. Hasil perolehan skor pada siklus I pertemuan I diperoleh skor 42,1, pada pertemuan kedua menjadi 64,7 %. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I yakni sebesar 76,5% dan kembali meningkat pada pertemuan kedua yaitu 84,2%. Pemerolehan skor pada siklus II ini sudah mencapai kriteria keberhasilan penelitian yaitu 80%.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tiara Anjarwati, Rara Deyu Kaslita, Septhia Wahyu Lestari, Rani Kusuma Wardani, Putri Natalia Sidabutar

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Kompetensi Guru Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)