PENERAPAN MODEL PJBL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 6 SDN 60 KOTA JAMBI

Authors

  • Wirda Rahmatillah Pendidikan Profesi Guru, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Maryamah Pendidikan Profesi Guru, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Tania Jayatri Pendidikan Profesi Guru, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Rizka Isnata Pendidikan Profesi Guru, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Shinta Wulandari Pendidikan Profesi Guru, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia
  • Aulia Siltawani Pendidikan Profesi Guru, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jambi, Kota Jambi, Indonesia

Keywords:

Keaktifan siswa, pembelajaran IPAS, penelitian tindakan kelas, pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas VI SDN 60/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam hal partisipasi, kolaborasi, dan kreativitas. Pada siklus II, pembagian tugas yang lebih merata dan bentuk proyek yang lebih bervariasi, seperti pembuatan model simulasi, berhasil meningkatkan keaktifan siswa dibandingkan siklus sebelumnya. PjBL tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep siswa tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif, yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Dengan demikian, model PjBL dapat menjadi pendekatan strategis untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan bermakna.

Downloads

Downloads

Published

2025-01-26

Issue

Section

Articles