PENERAPAN MODEL PJBL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 6 SDN 60 KOTA JAMBI
Keywords:
Keaktifan siswa, pembelajaran IPAS, penelitian tindakan kelas, pembelajaran berbasis proyekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas VI SDN 60/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam hal partisipasi, kolaborasi, dan kreativitas. Pada siklus II, pembagian tugas yang lebih merata dan bentuk proyek yang lebih bervariasi, seperti pembuatan model simulasi, berhasil meningkatkan keaktifan siswa dibandingkan siklus sebelumnya. PjBL tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep siswa tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif, yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Dengan demikian, model PjBL dapat menjadi pendekatan strategis untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan bermakna.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wirda Rahmatillah, Maryamah, Tania Jayatri, Rizka Isnata, Shinta Wulandari, Aulia Siltawani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Kompetensi Guru Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (The Effect of Open Access)