Analisis Pemasaran dan Pendapatan Pedagang Sapi PO Kebumen Siap Potong di Pasar Hewan Argopeni Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen
Analysis of Marketing and Income of Kebumen PO Cattle Traders Ready for Slaughter at the Argopeni Animal Market Kebumen District Kebumen Regency
DOI:
https://doi.org/10.22437/jiiip.v27i2.37017Kata Kunci:
pedagang, pendapatan, sapi bibit, sapi PO KebumenAbstrak
Latar Belakang: Penelitian ini untuk mengetahui pendapatan pedagang Sapi PO Kebumen siap potong dan alur pemasarannya di Pasar Argopeni Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentase penjualan Sapi PO Kebumen siap potong yang menggunakan jasa blantik dan tanpa blantik di Pasar Hewan Argopeni Kabupaten Kebumen, mengetahui besarnya pendapatan pedagang Sapi PO Kebumen siap potong di Pasar Hewan Argopeni Kabupaten Kebumen, dan untuk mengetahui pengaruh profil pedagang Sapi PO Kebumen siap potong sebagai variabel bebas yang terdiri dari umur, pengalaman dan pendidikan terhadap pendapatan sebagai varibel terikat. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan motode survey menggunakan instrumen kuesioner dalam pengambilan data. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sensus dimana sampel pedagang Sapi PO Kebumen siap potong sebanyak 10 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil: Hasil analisis variansi menunjukan bahwa varibel umur, pengalaman dan pendidikan berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap pendapatan pedagang Sapi PO Kebumen siap potong. Saluran pemasaran Sapi PO Kebumen siap potong di Pasar Hewan Argopeni yang menggunakan jasa blantik sebesar 92% dan yang tanpa blantik sebesar 8%. Pendapatan rata-rata pedagang Sapi PO Kebumen siap potong di Pasar Hewan Argopeni Kebumen adalah sebesar Rp.28.002.000,-/bulan. Berdasarkan nilai Multiple R 0,844 menunjukan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara umur, pengalaman dan pendidikan dengan pendapatan. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa umur, pengalaman, dan pendidikan secara simultan terdapat korelasi terhadap pendapatan pedagang Sapi PO Kebumen siap potong di Pasar Hewan Argopeni.
Unduhan
Referensi
Astati, A., Suarda, & Fatmah, S. I. (2016). Strategi Pemasaran Sapi Potong (Studi Kasus PT. Berdikari United Livestock Kabupaten Sidrap). Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan, 3(1), 36–63.
Azis, Y., & Husin, I. (2021). Efisiensi Pemasaran Sapi Potong di Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Journal of Agricultural Socio-Economics (JASE), 2(1), 17–24. https://doi.org/10.33474/jase.v2i1.13036
Hidayat, N., Haryoko, I., Yuwono, P., & Hidayat, N. (2023). Analisis Tren Populasi dan Pengembangan Sapi PO di Kabupaten Kebumen. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Agribismis Peternakan, 298–302.
Hidayat, N. N., Haryoko, I., & Yuwono, P. (2024). Analisis Kinerja Ekonomi Usaha Ternak Sapi Potong PO Kebumen. 17–18.
Lasaharu, N., Laya, K. N., & Boekoesoe, Y. (2020). Analisis Pemasaran Sapi Potong. Journal of Animal Science, 2(2), 62–75. https://doi.org/10.35900/jjas.v2i2.5092
Leo, B. (2015). Analisa Keuntungan Lembaga Pemasaran Ternak Kambing di Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Universitas Hasanuddin Makasar.
Misriani, V. (2011). Hubungan Karakteristik Peternak dan Jumlah Ternak Yang Dipelihara Dengan Pendapatan pada Pembibitan Sapi Potong Rakyat di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Universitas Andalas.
Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya Edisi Lima. Universitas Gadjah Mada.
Mustofa, A, N., W, A., Dyah, & Alif, M. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Peternak dalam Memulai Usaha Ternak Sapi Potong di Desa Kedungkumpul Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan. Fakultas Peternakan Universitas Islam Lamongan.
Ningsih, U. W., Hartono, B., & Nugroho, E. (2017). Analisis Pemasaran Sapi Potong Melalui Analisis Marjin, Transmisi Harga, Struktur Pemasaran, Perilaku Pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, 27(1), 1–11. https://doi.org/10.21776/ub.jiip.2017.027.01.01
Paly, B. (2015). Pengantar Ilmu Ekonomi Peternakan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makassar.
Rasyaf. (2010). Manajemen Peternakan Ayam Kampung. Penebar Swadaya, Jakarta.
Sahriani. (2020). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Sapi Potong di Kecamatan Bulukumba Kabupaten Bulukumba. UIN Alauddin Makassar.
Sholeh, M. (2024). Analisis Saluran, Margin dan Efisiensi Pemasaran Ternak Sapi di Kecamatan Tungkal Jaya Kabupeten Musi Banyuasin. Universitas Jambi.
Soeharjo, A., & Patong, S. (2010). Potensi Agribisnis Usaha Ternak Sapi Potong di Kota Kendari. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Peternakan Tropis, 1(1), 88–98.
Soeparno. (2015). Ilmu dan Teknologi Daging (2nd ed.). Gadjah Mada University press. Yogyakarta.
Subiharta, Utomo, B., & Sudrajad, P. (2012). Potensi Peranakan Ongole (PO) Kebumen Sebagai Sumber Bibit Sapi Lokal di Indonesia Berdasarkan Ukuran Tubuhnya (Studi Pendahuluan). Pengembangan Agribisnis Peternakan Menuju Swasembada Protein Hewani, 1–10.
Tinaprilla, N., & Fadly, M. A. (2022). Analisis Pendapatan Usaha Ternak Sapi Potong Communal dan Non Communal di Desa Aek Ledong Kabupaten Asahan Sumatera Utara. Risalah Kebijakan Pertanian Dan Lingkungan, 9(3), 149–160. https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v9i3.33888
Yuliantika, I. M. Y., Adnyana, I. B. W., & Sukada, I. M. (2016). Profil Umur, Jenis Kelamin, Berat Badan dan Jejas Eksternal pada Kulit Sapi Bali yang Disembelih di Rumah Potong Hewan Kota Denpasar Periode Mei-Juni 2015. Indonesia Medicus Veterinus, 5(4), 376–387. https://pksb.unud.ac.id/img/admin/post_attc/9f3197886c004f5b7e67f9e3adee290a.pdf
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ismawatun, Nunur Nuraeni
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.