PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH DIGITAL FLIPBOOK PADA MATERI RUWATAN BUMI MASYARAKAT DESA KEPUREN, KECAMATAN WALANTAKA, KOTA SERANG SISWA KELAS X IPS DI SMAN 8 KOTA SERANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.22437/jejak.v4i2.36582Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar. Sejarah, Digital FlipbookAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan objek sekolah tersebut yang kurangnya bahan ajar yang bervariatif serta wawasan pengetahuan tentang materi sejarah lokal yang belum banyak diketahui. Namun guru tetap berinisiatif untuk memberikan penugasan mencari informasi melalui internet. Penggunaan bahan ajar berbasis digital yang menarik disertai gambar dan narasi merupakan bahan ajar yang diinginkan oleh siswa. Untuk mengatasa permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan produk bahan ajar digital yang bisa membantu guru dan siswa dalam mempelajari dan menggali informasi yang belum banyak diketahui terkait peristiwa sejarah. Bahan ajar yang ditawarkan oleh peneliti adalah bahan ajar berbentuk flipbook yang memuat sejarah lokal mengenai ruwat bumi. Digital flipbook ini dipilih karena dapat memudahkan siswa dalam memahami Tradisi Ruwat Bumi Masyarakat Desa Kepuren dan membuat siswa lebih tertarik mempelajarinya. Bahan ajar berbentuk digital flipbook dapat dipelajari oleh siswa dimana saja dan kapan saja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Berdasarkan penilaian kelayakan ahli bahasa mendapatkan nilai 95,38%, ahli materi mendapatkan nilai 94,73%, serta ahli media mendapatkan nilai 95,71%, kemudian didapatkan hasil bahwa ketiga ahli validator tersebut memberikan penilaian dalam kategori “sangat layak”. Adapun hasil penilaian dari uji kepraktisan guru termasuk pada kategori “sangat praktis” dengan persentase 91,66%. Sedangkan pada hasil uji coba kepraktisan oleh 20 orang siswa termasuk pada kategori “sangat praktis” dengan persentase 83% dan mampu menarik motivasi siswa dalam menggunakan bahan ajar digital flipbook dalam pembelajaran sejarah.
Downloads
References
Ayatullah. Humaeni. (2017). Akulturasi Islam Dan Budaya Lokal Dalam Magi Banten. Serang: Bantenologi.
Abdul Munib, dkk. (2009). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES.
Abadi Ilham & Soebijantoro. (2016). Upacara Adat Ruwatan Bumi Di Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun (Latar Sejarah, Nilai-Nilai Filosofis, Dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal), Jurnal Agastya Vol 6 No 1/Januari 2016.
Djamarah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hapsari, E.D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(01).
Koentjaraningrat. (1993). Ritus Peralihan Di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Ypgyakarta: Alfabeta.
Riduwan. (2008). Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta
Syarifah, Eva. (2017). Upacara Hajat Bumi Dalam Tradisi Ngamumule Pare Pada Masyarakat Banten Selatan (Studi di Kecamatan Sobang dan Panimbang), Vol. 15 No. 2, Tsaqofah; Jurnal Agama dan Budaya. Juli-Desember 2017.
Suryani, I. (2018). Candi Kedaton Muara Jambi dan Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah: Sebuah Identifikasi Awal. HISTORIA Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 231.
Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anida Shalsabila, Yuni Maryuni, Moh Ali Fadillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.