EKSPLORASI PENGETAHUAN MAHASISWA CALON GURU TENTANG SEJARAH PERKEMBANGAN MATEMATIKA MESIR KUNO

Authors

  • Agus Qowiyuddin Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan Jawa Timur
  • Milanda Febrianti -
  • Saniatul Rizqiyah Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v4i1.30939

Keywords:

Nilai Karakter, Pembelajaran Sejarah, Sarekat Islam

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengetahuan mahasiswa calon guru mengenai Sejarah perkembangan matematika pada zaman Mesir kuno. Melalui analisis eksploratif, studi ini memperlihatkan tingkat pemahaman mereka terhadap konsep, asal-usul, Sejarah dan sistem numerasi matematika Mesir kuno. Penelitian menggunakan metode literatur review dan wawancara untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa. Hasilnya menunjukkan tingkat pemahaman yang bervariasi, dengan beberapa mahasiswa memiliki pengetahuan mendalam tentang perkembangan matematika Mesir kuno, sementara yang lain membutuhkan peningkatan pemahaman. Implikasi dari hasil ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam dan terfokus pada aspek sejarah matematika Mesir kuno dalam kurikulum pendidikan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berggren, J.L. (2004). The Foundation of Mathematics: Mathematics during the Middle Ages and Renaissance. Encyclopaedia Britannica. (http://www.google.search)

Boole, G. (1848). The Calulus of Logic. Cambridge and Dublin Mathematical Journal, Vol. III, pp. 183-98. Transcribed by D.R. Wilkins. Wikipedia, the free encyclopedia. (http://en.wikipedia.org/wiki/GNU_FDL)

Boyer, C. B. (1985). Sejarah Matematika. Princeton University Press. (Reprinted from John Wiley, 1968).

Burton, D. M. (2007). The History of Mathematics: An Introduction. New York: McGraw-Hill.

Cahyono, E. A., Sutomo, & Hartono, A. (2019). Literatur review: Panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan. Diakses dari http://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/43/37 pukul 19.30

Clagett, M. (1999). Ancient Egyptian Science, A Source Book. Volume Three: Ancient Egyptian Mathematics (Memoirs of the American Philosophical Society). American Philosophical Society. ISBN 978-0-87169-232-0.

Collections: Egyptian, Classical, Ancient Near Eastern Art: Fragments of Rhind Mathematical Papyrus. Brooklyn Museum. Diakses tanggal Januari 1, 2024.

Cumo, S. (2001). Ancient Mathematics. New York: Routledge.

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. (https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126)

Hempel, C. (2001). On the Nature of Mathematical Truth. (http://www.ltn.lv/~podniek/gt.htm)

Hilbert, D. (1972). The Foundations of Mathematics. Source: The Emergence of Logical Empiricism (1996), Garland Publishing Inc. (http://www.marxist.org/reference/subject)

Kant, I. (1787). The Critic of Pure Reason: First Part, Transcendental Aesthetic, translated by F. Max Muller.

Knopf, J. W. (2006). Doing a literature review. PS, Political Science & Politics, 39(1), 127. Retrieved from http://hdl.handle.net/10945/50674

Menniger, K. (1992). Number Words and Number Symbols: A Cultural History of Numbers. Cambridge, Mass.: M.I.T. Press. (Dover reprint, 1992).

Parnabhhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11–14.

Purnama, W., & Rohmah, M. S. (2018). Sejarah dan filsafat matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses pada 28 Desember pukul 7.30 dari https://repositori.kemdikbud.go.id/8514/2/Modul_I_Profesional_Matematika%20Teknik_layout%2014.08.2018.pdf

Puspa, D., & Argaswari, A. D. (2018). Integrasi Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Atensi Siswa. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 59–65.

Robins, G., & Shute, C. (1990). The Rhind Mathematical Papyrus: An Ancient Egyptian Text. New York: Dover.

Schneider, T. (2006). The Relative Chronology of the Middle Kingdom and the Hyksos Period (Dyns. 12-17). In E. Hornung, R. Krauss, & D. Warburton (Eds.), Ancient Egyptian Chronology (Handbook of Oriental Studies) (pp. 194-195). Brill.

Spalinger, A. (1990). The Rhind Mathematical Papyrus as a Historical Document. Studien zur Altägyptischen Kultur, Bd. 17, 295-337. Helmut Buske Verlag GmbH.

Warmi, A., Galih, A., Jurusan, A., Matematika, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa pada Mata Kuliah Sejarah Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(1), 7–14.

Wilkins, D.R. (2004). Types of Mathematics. (http://www.maths.tcd.ie/~dwilkins/)

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Qowiyuddin, A., Milanda Febrianti, & Rizqiyah, S. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . (2024). EKSPLORASI PENGETAHUAN MAHASISWA CALON GURU TENTANG SEJARAH PERKEMBANGAN MATEMATIKA MESIR KUNO. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 4(1), 88-96. https://doi.org/10.22437/jejak.v4i1.30939