ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII IPA 3 DI SMAN 7 KOTA SERANG PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DEMOKRASI LIBERAL
DOI:
https://doi.org/10.22437/jejak.v4i1.29345Keywords:
Kemampuan Bepikir Kritis, Pembelajaran Sejarah, High Order Thinking Skills, Problem Based Learning, ScaffoldingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII IPA 3 di SMA Negeri 7 Kota Serang dalam mata pelajaran Sejarah, khususnya pada materi Sejarah demokrasi liberal. Konteks penelitian dipandu oleh transformasi pendidikan abad ke-21 yang menekankan pengembangan keterampilan berpikir kritis sebagai respons terhadap tuntutan zaman yang semakin kompleks. Metode penelitian menggunakan pendekatan survei deskriptif dengan menggunakan instrumen berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori "kurang sekali," mencerminkan tantangan dalam pembelajaran Sejarah. Kurangnya metode pembelajaran yang sesuai, dominasi ceramah, dan minimnya partisipasi siswa dalam diskusi menjadi faktor utama rendahnya kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk menerapkan pendekatan Scaffolding dan Problem-Based Learning (PBL) guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan mendukung perkembangan keterampilan berpikir kritis di lingkungan pendidikan Indonesia.
Downloads
References
Ardianti, Resti, Eko Sujarwanto, and Endang Surahman. 2022. “Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana.” Diffraction 3(1):27–35. doi: 10.37058/diffraction.v3i1.4416.
Arsy, Risma Fadhilla. 2010. “Metode Survei Deskriptif Untuk Mengkaji Kemampuan Interprstasi Citra Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Universitas Tadulako.” 62–72.
Atris Yuliarti Mulyani. 2022. “Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):100–105. doi: 10.54259/diajar.v1i1.226.
Hermanto, R. 2016. “Peningkatan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivistik.” Jurnal Pendidikan Sejarah 5(1):1–9.
Lidiawati, Krishervina Rani, and Aurelia Trisha. 2023. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Indonesia: Rendah Atau Tinggi?” Buletin KPIN (Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara). Retrieved November 15, 2023 (https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/1200-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-di-indonesia-rendah-atau-tinggi).
Linda, Zakiah, and Ika Lestari. 2019. Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran.
Sumargono, Sumargono, Muhammad Basri, Istiqomah Istiqomah, and Aprilia Triaristina. 2022. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 9(3):141–49. doi: 10.21093/twt.v9i3.4508.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadia Istiana Putri, Muhammad Ramadhan Fadillah , Aulya Larasati Putri , Ana Nurhasanah, Asep Rahmat Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.