MENUMBUHKAN NILAI DAN KARAKTER SISWA DI PESANTREN MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PEMIKIRAN DAN PERAN K.H. AHMAD DAHLAN TERHADAP PEMBAHARU PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Raka Yudhistira Wibowo Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24940

Keywords:

Nilai Karakter, Pesantren, KH Ahmad Dahlan, Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini membahas tentang menumbuhkan nilai dan karakter pada peserta didik, terutama santri dan santriwati di pesantren untuk menyeimbangkan nilai dan karakter yang timbul antara nasional dan agama. Penumbuhan nilai dan karakter pada pesantren dilakukan dengan pendekatan model pembelajaran sejarah role playing dengan menelaah dan meneladani pemikiran serta gagasan pahlawan pada masa pergerakan nasional. Tokoh yang dipilih dan sesuai dengan penerapan pada model pembelajaran adalah K.H Ahmad Dahlan. Penelitian ini menggunakan metode kesejarahan (historical research). Dengan menerapkanya dalam pembelajaran sejarah melalui pendekatan model pembelajaran sejarah role playing dan ditunjang dengan media film Sang Pencerah, hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Memahami dan meneladani sikap dan karakter pada setiap tokoh di film Sang Pencerah, terutama Ahmad Dahlan. 2) Menerapkan sikap dan karakter yang positif dalam kehidupan sehari-hari. 3) Menjadi pribadi yang cerdas, berwawasan serta berakhlak mulia, sesuai denga napa yang digagas dan dicita-citakan oleh Ahmad Dahlan. Dari peneladaan yang diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah, nilai dan karakter pada diri santri dan santriwati maupun siswa akan tumbuh dan terlihat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Erjati. (2020). Pembaruan Pendidikan Perspektif Ahmad Dahlan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Alquran Dan Terjemahnya, Departemen Agama RI. Q.S. An-nisa ayat 29 “Islam Melindungi Hak Laki-laki dan Hak Perempuanâ€.

Asrori, Muktarom. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidispliner. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas.

Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Kasmadi, Hartono. (1996). Model-model dalam Pengajaran Sejarah. Semarang: Ikip Semarang Press.

Komalasari. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Rusydi, ST Rajiah. (2003) “Peran Muhammadiyah (Konsep Pendidikan, Usaha-Usaha di Bidang Pendidikan dan Tokoh)â€. Jurnal Tarbawi, ISSN 2527-4082, 1 (2).

Sairin, Weinata. (1995). Gerakan Pembaharuan Muhammadiyah. Jakarta: Pustaka.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Turmuzi, Ahmad. (2011). Peran Guru Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah. Diambil dari http://edukasi.kompasiana.com. Diakses 12 April 2012.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Wibowo, R. Y. (2023). MENUMBUHKAN NILAI DAN KARAKTER SISWA DI PESANTREN MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PEMIKIRAN DAN PERAN K.H. AHMAD DAHLAN TERHADAP PEMBAHARU PENDIDIKAN DI INDONESIA. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(2), 91-102. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24940