PENGARUH ROHANA KUDDUS SEBAGAI SIMBOL MANIFESTASI PEJUANG KAUM PEREMPUAN DI MINANGKABAU

Authors

  • Yetyana Ayu Putriany Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24858

Keywords:

Rohana Kuddus, Pengaruh Pemberdayaan Perempuan, Manifestasi Pejuang Kaum Perempuan

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menguak pengaruh Rohana Kuddus secara mendalam dan mendeskripsikan gerakan perempuan yang dikenal sebagai simbol manifestasi pejuang kaum perempuan dari hasil pemikiran beliau di masa lalu untuk masa kini serta masa selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif berupa studi dokumen dan wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini bersumber pada buku literatur ilmiah, buku teks, majalah, artikel dan sejenis lainnya. Tokoh Rohana Kuddus adalah tokoh penting yang berasal dari Minangkabau yang bergerak sebagai sistem pendukung pemberdayaan perempuan dari penindasan kaum laki-laki terhadap kaum perempuan di abad 19 hingga 20. Pentingnya pemberdayaan kaum perempuan memiliki peran besar dalam mengatasi kesetaraan gender dan kecerdasan bangsa. Keperihatinan beliau melahirkan dua kekuatan utama untuk melawan ketertindasan perempuan yaitu melalui pendidikan guna mencerdaskan pola pikir terkait perekonomian perempuan, dan melalui penyebaran media secara luas. Dari segala perjuangan Rohanna Kuddus telah terealisasikan bahwa terdapat tiga keunggulan dalam aksinya diantaranya seperti Sekolah Kerajinan Amai Setia (KAS), Sunting Melayu, dan Rohana School.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesa P, A. M. (2017). Pahlawan Perempuan Indonesia. Bandung: Yayasan Bumi Dharma Nusantara.

Budiman, A. (2000). Teori pembangunan dunia ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bungin, M. Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Ditsmp.kemdikbud.go.id. (2021). Menilik 4 Sosok Perempuan Inspiratif Indonesia. Diakses pada 9 Mei 2023, dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/menilik-4-sosok-perempuan-inspiratif-indonesia/.

Deliani, N. F., Khairat, N., & Muslim, K. L. (2019). Gerakan Emansipasi Ruhana Kuddus dalam Memperjuangkan Kesetaraan Pendidikan Perempuan di Minangkabau. Humanisma: Journal of Gender Studies, 3(2), 170-180.

Gulo, W. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.

Hadler, J. (2008). Sengketa tiada putus matriarkat, reformasi agama dan kolonialisme di Minangkabau. Freedom Institute. Jakarta.

Hadler, J. (2008). Muslims and matriarchs: Cultural resilience in Indonesia through Jihad and colonialism. Cornell University Press.

Jaya, T. (1980). Rohana Kuddus riwayat hidup dan perjuangannya. Jakarta. Mutiara.

Lufita Sari, Maria Montessori, Nurman S, Muhammad Prima Ersya. (2022). Eksistensi Yayasan Kerajinan Amai Setia Dalam Pemberdayaan di Nagari Koto Gadang. Journal of Civic Education, 5(1).

Tindangen, M., Engka, D. S., & Wauran, P. C. (2020). PERAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (STUDI KASUS: PEREMPUAN PEKERJA SAWAH DI DESA LEMOH BARAT KECAMATAN TOMBARIRI TIMUR KABUPATEN MINAHASA). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03).

Sari, S. R. (2016). Dari Kerajinan Amai Setia Ke Soenting Melayoe Strategi Rohana Kuddus Dalam Melawan Ketertindasan Perempuan Di Minangkabau. Kafaah: Journal of Gender Studies, 6(2), 235-250.

Siti, M. (2021). PEREMPUAN DALAM PERADABAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF FILSAFAT ROHANA KUDDUS. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 6, 145-153.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT

Remaja Rosdakarya.

Uyun, N. (2019). Pendidikan Perempuan Modern Dan Pionir Jurnalis. Diakses pada 10 April 2023, dari https://www.academia.edu/37538416/PENDIDIKAN_PEREMPUAN_MODERN_DAN_PIOR_JURNALIS_Roehana_Koeddoes_Pendidikan_dan_Wartawati_Indonesi.

Yahya, A, Z. (2015). KOMSEP HAK ASASI MANUSIA DALAM ISLAM (Mengungkap Korelasi Antara Islam Dengan HAM). 91-110.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Putriany, Y. A. (2023). PENGARUH ROHANA KUDDUS SEBAGAI SIMBOL MANIFESTASI PEJUANG KAUM PEREMPUAN DI MINANGKABAU. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(2), 56-68. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24858