PEMANFAATAN FILM BUYA HAMKA SEBAGAI MEDIA BELAJAR SEJARAH

Authors

  • Diyah Dwi Astuti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24856

Keywords:

Buya Hamka, Film, Media Pembelajaran Sejarah

Abstract

Artikel ini membahas tentang pemanfaatan film sebagai media pembelajaran sejarah. Film yang dibahas dalam artikel ini adalah film Buya Hamka yakni karya dari rumah produksi Falcon yang disutradarai oleh Fajar Bustomi. Buya sendiri adalah seorang pahlawan nasional, ulama, dan pujangga yang memiliki karya-karya indah. Karyanya merupakan karya lintas zaman yang tetap eksis hingga saat ini.  Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Profil Buya Hamka sebagai pahlawan nasional. 2) Peran Buya Hamka sebagai tokoh pergerakan di masa kolonial. 3) Peran film dalam media pembelajaran 4) Bagaimana kaitannya Film Buya Hamka dengan pendidikan sejarah saat ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode deskriptif kualitatif. Bersumber dari catatan, buku, artikel, dan film Buya Hamka itu sendiri. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui bahwa dalam belajar sejarah tidak hanya terbatas pada pembelajaran dikelas saja. Namun, siswa juga dapat belajar sejarah diluar aktivitas kelas melalui menonton film sejarah. Hasil penelitian ini adalah penggunaan media ini dinilai lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Film dapat dijadikan refresing atau angin segar ketika sedang jenuh dalam belajar. Diharapkan dengan adanya film Buya Hamka ini dapat memberi warna baru dalam dunia pendidikan sejarah di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian, M. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Buya HAMKA. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.

Bandarsyah, Desvian. (2018). Aktualisasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah. Istoria: Vol.1/Maret 2014.

Firdaus, R. F. (2021). Buya Hamka dan Perannya dalam Dinamika Perpolitikan Republik Indonesia pada Masa Pemerintahan Orde Lama Tahun 1945-1966. Lampung.

Firmansyah, H. (2022). Penggunaan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Sejarah. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2755.

Kuntowijoyo, (2013) Pengantar Ilmu Sejarah. Yoygakarta: Penerbit Tirta Wacana.

Melinda, C. (2018). Media Pembelajaran Film dalam Pembelajaran Sejarah. Seminar Nasional “Dinamika dan Implementasi Kurikulum 2013 Ditahun 2018" (p. 183). Padang: Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sumatera barat.

Nurjannah, M. K. (2021, November 1). Masyarakat Lebih Suka Nonton daripada Baca Buku, Apa Sebabnya ? Weekly News.

Purnomo, B., Rahmini, R., & Syahputra, M. A. D. (2023). Development of Exe Learning Based E-Module with Whatsapp Application for Online History Learning to Increase Learning Result. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1).

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Subakti. (2010). Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Jurnal SPPS, 24(1).

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan penting sejarah lokal sebagai objek pembelajaran untuk membangun kesadaran sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85-94.

Trinova, Sulvia., & Nini. (2019). Pemanfaatan Film Sebagai Media Pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam (Ski) Di Mtsn Model Padang. Seminar Nasional Sejarah 4. Padang: Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Astuti, D. D. (2023). PEMANFAATAN FILM BUYA HAMKA SEBAGAI MEDIA BELAJAR SEJARAH . JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(2), 103-112. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24856