MENUMBUHKAN SEMANGAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK MELALUI PEMIKIRAN TOKOH PENDIRI SAREKAT DAGANG ISLAM KH. SAMANHUDI

Authors

  • Rafid Ari Martdana Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24850

Keywords:

KH. Samanhudi, Pembelajaran Sejarah, Wirausaha

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan peserta didik dan bagaimana tokoh pergerakan nasional, KH. Samanhudi, dapat dijadikan inspirasi untuk mencapai tujuan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif berdasarkan metode sejarah melalui lima tahapan antara lain pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi, dan penulisan sejarah. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana pemikiran dan prinsip-prinsip yang dipegang oleh KH. Samanhudi dapat diaplikasikan dalam materi pendidikan sejarah dengan tujuan menumbuhkan semangat berwirausaha bagi peserta didik. Hasil penelitian adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip yang dipegang oleh KH. Samanhudi dan melaksanakan strategi yang tepat, diharapkan dapat menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan peserta didik dan menciptakan generasi muda yang siap menghadapi tantangan dalam dunia bisnis di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buhal. (2000). Visi Iptek memasuki milenium III. Jakarta: UI Press.

Cahyo, N. D. W. I. (2018). Peranan K.H Samanhudi dalam sarekat dagang islam.

Hasan, M., Santoso, I., Syahfitri, D., & Karoma, S. (2021). Literasi Kewirausahaan dan Literasi Bisnis Digital Pada Generasi Milenial Pelaku Usaha: Perspektif Kirzerian Entrepreneur. In Journal of BusinessManagement Education. 6(1).

Hidayat, A. R., & Purnomo, A. (2019). Pemahaman Siswa tentang Nilai-Nilai Kesejarahan Organisasi Syarikat Islam di SMA Cokroaminoto 1 Banjarnegara. 7(2), 163–173.

I Gde Widja. (1989). Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.

Indonesia, U., Widyaningrum, D. E., Ekonomi, F., Studi, P., & Manajemen, M. (2012). Strategi Pemasaran Kampung Batik Laweyan Solo Solo.

Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mansur, M. (2013). Kontribusi Sarekat Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani Melalui Pendidikan. Inferensi, 7(2), 409. https://doi.org/10.18326/infsl3.v7i2.409-430

Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).

Suryana, Y., & Bayu, K. (2011). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Kencana.

Winarni, E. W. (2015). Identifikasi Kompetensi Dasar dan Indikator Program Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi Terintegrasi Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Kota Bengkulu. proceedingpgsd, 501.

Yasmis, Y. (2017). Sarikat Islam Dalam Pergerakan Nasional Indonesia (1912-1927). Jurnal Sejarah Lontar. https://doi.org/10.21009/lontar.061.03

Yana. (2013). Pendidikan Abad 21. [Online]. Tersedia: http://yana.staf.upi.edu/2015/10/11/ pendidikan-abad-21/ di akses pada tanggal 9 Mei 2022 Pukul 19.00 WIB

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Martdana, R. A. (2023). MENUMBUHKAN SEMANGAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK MELALUI PEMIKIRAN TOKOH PENDIRI SAREKAT DAGANG ISLAM KH. SAMANHUDI. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(2), 69-79. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24850