MENUMBUHKAN SEMANGAT BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK MELALUI PEMIKIRAN TOKOH PENDIRI SAREKAT DAGANG ISLAM KH. SAMANHUDI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24850Keywords:
KH. Samanhudi, Pembelajaran Sejarah, WirausahaAbstract
Artikel ini membahas tentang pentingnya menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan peserta didik dan bagaimana tokoh pergerakan nasional, KH. Samanhudi, dapat dijadikan inspirasi untuk mencapai tujuan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif berdasarkan metode sejarah melalui lima tahapan antara lain pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, interpretasi, dan penulisan sejarah. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana pemikiran dan prinsip-prinsip yang dipegang oleh KH. Samanhudi dapat diaplikasikan dalam materi pendidikan sejarah dengan tujuan menumbuhkan semangat berwirausaha bagi peserta didik. Hasil penelitian adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip yang dipegang oleh KH. Samanhudi dan melaksanakan strategi yang tepat, diharapkan dapat menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan peserta didik dan menciptakan generasi muda yang siap menghadapi tantangan dalam dunia bisnis di masa depan.
Downloads
References
Buhal. (2000). Visi Iptek memasuki milenium III. Jakarta: UI Press.
Cahyo, N. D. W. I. (2018). Peranan K.H Samanhudi dalam sarekat dagang islam.
Hasan, M., Santoso, I., Syahfitri, D., & Karoma, S. (2021). Literasi Kewirausahaan dan Literasi Bisnis Digital Pada Generasi Milenial Pelaku Usaha: Perspektif Kirzerian Entrepreneur. In Journal of BusinessManagement Education. 6(1).
Hidayat, A. R., & Purnomo, A. (2019). Pemahaman Siswa tentang Nilai-Nilai Kesejarahan Organisasi Syarikat Islam di SMA Cokroaminoto 1 Banjarnegara. 7(2), 163–173.
I Gde Widja. (1989). Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.
Indonesia, U., Widyaningrum, D. E., Ekonomi, F., Studi, P., & Manajemen, M. (2012). Strategi Pemasaran Kampung Batik Laweyan Solo Solo.
Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Mansur, M. (2013). Kontribusi Sarekat Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani Melalui Pendidikan. Inferensi, 7(2), 409. https://doi.org/10.18326/infsl3.v7i2.409-430
Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).
Suryana, Y., & Bayu, K. (2011). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Kencana.
Winarni, E. W. (2015). Identifikasi Kompetensi Dasar dan Indikator Program Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi Terintegrasi Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Kota Bengkulu. proceedingpgsd, 501.
Yasmis, Y. (2017). Sarikat Islam Dalam Pergerakan Nasional Indonesia (1912-1927). Jurnal Sejarah Lontar. https://doi.org/10.21009/lontar.061.03
Yana. (2013). Pendidikan Abad 21. [Online]. Tersedia: http://yana.staf.upi.edu/2015/10/11/ pendidikan-abad-21/ di akses pada tanggal 9 Mei 2022 Pukul 19.00 WIB
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rafid Ari Martdana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.