KI HAJAR DEWANTARA DAN REVOLUSI PENDIDIKAN PADA MASA PERGERAKAN NASIONAL DI INDONESIA

Authors

  • Anggina Nurul Anisa Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24821

Keywords:

Ki Hadjar Dewantara, Pergerakan Nasional, Revolusi Pendidikan

Abstract

Pendididikan merupakan faktor dalam pembentukan kepribadian suatu bangsa. Pada masa pergerakan nasional pendidikan ditandai dengan pendirian Taman Siswa oleh Ki Hajar Dewantara yang berperan dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan SDM bagi generasi bangsa Indonesia. Pada periode Pergerakan Nasional banyak sekolah mandiri yang lahir dan berkembang di Indonesia. Sebagai tokoh pendidikan di Indonesia, Ki Hajar Dewantara melahirkan suatu  konsep pendidikan yang disebut dengan istilah sistem among. Melalui artikel ini penulis bertujuan untuk menganalisis lebih dalam konsep pendidikan pada masa era Pergerakan Nasional melalui pemikiran oleh Ki Hajar Dewantara. Dalam mencapai tujuannya pendidikan, Ki Hajar Dewantara membuat sebuah kebijakan yang dinamakan trilogi pendidikan yaitu : Tut Wuri Handayani, Ing Madya Mangun Karsa, dan Ing Ngarsa Sung Tulada. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan bentuk studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ki hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia. (2) Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam berkonstribusi bagi pendidikan di Indonesia. Melaui studi kasus ini diharapkan dapat terus meningkatkan kemajuan sistem pendidikan melalui nilai-nilai nasionalisme dan cinta tanah air sesuai pendidikan karakter bangsa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631-1637.

Fitroh, I., dkk. (2023). Taman Siswa: Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Tinjauan Historis. Journal on Education, 5(2), 2677-2688.

Kuntowijoyo, D. R. (2005). Pengantar ilmu sejarah. Bentang Pustaka.

Marisyah, A., dkk. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514-1519.

Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 83-91.

Rifa’i, M. (2011). Sejarah Pendidikan Nasional: Dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.

Sugiarta, I. M., dkk. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.

Toisuta, W., dkk. (1981). Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Zuriatin, Z., Nurhasanah, N., & Nurlaila, N. (2021). Pandangan Dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Ips, 11(1), 48-56.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Anisa, A. N. (2023). KI HAJAR DEWANTARA DAN REVOLUSI PENDIDIKAN PADA MASA PERGERAKAN NASIONAL DI INDONESIA. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 88-96. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24821