PENGUATAN NILAI-NILAI NASIONALISME SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PERISTIWA SUMPAH PEMUDA 1928
DOI:
https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24820Abstract
Permasalahan di era modern ini semakin memudarnya rasa nasionalisme pemuda terhadap bangsa Indonesia, dimana hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti masuknya budaya asing, kurangnya pemahaman peristiwa sejarah dan lainnya. Maka dengan itu tulisan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme terutama untuk peserta didik agar memiliki pemahaman mengenai peristiwa sumpah pemuda dan mempunyai jiwa nasionalime yang tinggi untuk membentuk karakter pemuda di era modern ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian pustaka. Hasil penitian ini mengenai peran nilai-nilai sumpah pemuda dalam membentuk karakter peserta didik supaya memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-harinya sehingga dapat meningkatkan rasa nasionalisme pada generasi Z.
Downloads
References
Abdul Rahman, M., Darmansyah, Suswadi, Wiyadi, S.S., Misman, (2008). Sumpah Pemuda: Latar Sejarah dan Pengaruhnya bagi Pergerakan Nasional. Jakarta: Museum Sumpah Pemuda.
Ahdiyat, M., (2021). Gelombang Semangat Sumpah Pemuda. Dalam: Hayat, ed. 2021. Menggali Pondasi Karakter Bangsa dengan Semangat Sumpah Pemuda. Malang: Unisma Press.
Amboro, K. (2015). Membangun Kesadaran Berawal Dari Pemahaman: Relasi Pemahaman Sejarah Dengan Kesadaran Sejarah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Historia, 3(2). 2
Asmara, Y. (2018). Seminar Nasional Sejarah ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0, 216–227.
Hara, AE. Kebanggan Berbangsa Indonesia. Kompas, 17 Agustus 2000.
Hermino, A, 2018, Guru dalam Tantangan Globalisasi: Kajian Teoritis dan Praktis dalam Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyana, E. (2015). Pendidikan Karakter Dalam Rangka Pembangunan Bangsa. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 41-49.
Notosusanto, N. (1979). Sejarah nasional Indonesia untuk SMA.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Garaha Ilmu:Yogyakarta.
Suryana, Y, dkk, (2018). Globalisasi. Klaten: Cempaka Putih.
Suryana,Y.,dkk, (2018). Ensiklopedia Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : Globalisasi, Klaten: Cempaka Putih.
Susanto, Heri. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah, Isu, Gagasan Dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta Aswaja Presindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Auliya Rima Azhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.