PEMBELAJARAN SUMPAH PEMUDA DAN PENDIDIKAN KARAKTER GUNA MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Inez Kalyana Azmi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24696

Keywords:

Sumpah Pemuda, Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Artikel ini berupaya untuk menganalisis peristiwa Sumpah Pemuda dan kaitannya dengan pendidikan karakter untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Sumpah Pemuda identik dengan kongres dan ikrar yang dicetuskan. Dewasa ini banyak terjadi permasalahan di kalangan pemuda bangsa, seperti degradasi moral, lunturnya karakter jiwa pemuda bangsa, dan timbulnya konflik antarpemuda dikarenakan adanya perbedaan. Di sisi lain, pemerintah juga telah mempunyai visi misi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui bidang pendidikan dengan mencetuskan Profil Pelajar Pancasila, hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menciptakan pelajar Indonesia yang berkarakter dan berdaya guna untuk kemajuan negara. Oleh sebab itu, penulis menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif. Pengumpulan sumber data dilakukan dengan mengakses artikel ilmiah dan telaah kajian kepustakaan kemudian di deskripsikan dengan menggunakan kalimat sederhana yang komunikatif. Hasil dari telaah kajian yang dilakukan ialah dapat mengetahui relevansi pembelajaran sumpah pemuda dengan pendidikan karakter dan pelajar pancasila, mampu memahami sejarah peristiwa Sumpah Pemuda, menjelaskan tentang pendidikan karakter dalam pembelajaran, dan menganalisis karakteristik profil pelajar Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amboro, K. (2015). Membangun Kesadaran Berawal Dari Pemahaman: Relasi Pemahaman Sejarah Dengan Kesadaran Sejarah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Historia, 3(2). 2

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang.

Hadi, Ranando. S., & Setiawan, J. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Materi Sejarah Kebangkitan Nasional Indonesia. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 12(1), 39-48.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183

Heri, S. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah; Isu, Gagasan Dan Strategi Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Muhtarom, H., & Erlangga, G. (2021). Peran nilai-nilai sumpah pemuda dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 18 Jakarta. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 114-128.

Mulyana, E. (2015). Pendidikan Karakter Dalam Rangka Pembangunan Bangsa. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 41-49.

Musyadad, V. F., Saputro, A. N. C., Prihatmojo, A., Salamun, S., Subakti, H., Ritonga, M. W., ... & Yulianda, A. (2022). Pendidikan Karakter. Yayasan Kita Menulis.

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936-1941.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).

Ratmelia, Y. (2018). Nilai moral dalam buku teks pelajaran sejarah (analisis terhadap buku teks sejarah Indonesia Kelas X). HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, I, 2.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Samani, M. & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saputro, A. D. (2015). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Di Sekolah/Madrasah. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 121–137.

Sobon, K., Mangundap, J. M., & Walewangko, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 97-106.

Suyadi, (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan penting sejarah lokal sebagai objek pembelajaran untuk membangun kesadaran sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85-94.

Utami, Purwani, Puji. (2018). Sejarah Sumpah Pemuda. MODUL MATA KULIAH PENDIDIKAN GENERASI MUDA, 19.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yudi. (2020). Pendidikan yang Berkebudayaan: Histori, Konsepsi, dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif. Bandung: Gramedia.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Azmi, I. K. (2023). PEMBELAJARAN SUMPAH PEMUDA DAN PENDIDIKAN KARAKTER GUNA MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 66-78. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24696