IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH HINDU BUDHA KELAS X IPS DI SMAN 2 PADANG

Authors

  • Siti Susanti Universitas PGRI Sumatra barat

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24674

Keywords:

Implementasi, Pancasila, Peserta Didik, Sejarah Hindu-Budha

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran sejarah hindu-budha di SMAN 2 Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana implementasi penguatan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran sejarah hindu budha kelas X IPS di SMAN 2 Padang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi penguatan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran sejarah hindu-budha kelas X IPS di SMAN 2 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif karena kegiatan dalam penelitian ini menginterpretasikan keadaan dalam pelaksanaannya. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ditemukan bahwa melalui implementasi profil pelajar pancasila sesuai dengan indikator profil pelajar pancasila akan membentuk siswa yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Peranan guru sangat penting bagi peserta didik karena selain guru berhadapan langsung dengan peserta didik, guru juga berinteraksi dengan banyak peserta didik. Metode yang ditempuh untuk penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan oleh elemen sekolah. Seluruh elemen sekolah memberikan kontribusinya terhadap berdirinya profil pelajar pancasila yang merupakan kebijakan kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa rangkaian kegiatan implementasi profil pelajar pancasila tidak sepenuhnya terlaksana dan masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cisya, M. K (2022). Penerapan Kurikulum Sekolah Penggerak Di SMAN 3 Padang Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X.

Dewi, S. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA 3 Padang.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: In CV Kaaffah Learning Center.

Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Irawati, D, Iqbal, A, M, Hasanah, A,& Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. 6 (1,124-1238).

Kaksim, L. H. (2006). Implementasi Model Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Lokal Disekolah Dasar (SD) Kabupaten Lima Puluh Kota. Pendidikan Sejarah, 1999 (Desember), 1-6.

Mulyatun, (2014). Analisis keterampilan mengajar mahasiswa calon guru kimia (Studi Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Tadris Kimia).

Permana, R. (2015). Pembelajaran Sejarah Lokal Di Sekolah. Banten: In Syria Studies.

Rika. (2013). Peranan Pendidikan Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Takalar.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.Bandung:

Wahidin, U., Sarbini, M., Maulida, A., & Wangsadanureja, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Multimedia di Pondok Pesantren. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 21-32.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Susanti, S. (2023). IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH HINDU BUDHA KELAS X IPS DI SMAN 2 PADANG. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 111-119. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24674