MENOLAK SARKAS: MENGENAL SECARIK DAMPAK POSITIF DARI KEBIJAKAN PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA

Authors

  • Epriwina Gini Nurrahma Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24667

Keywords:

Dampak Positif, Kebijakan, Masa Pendudukan Jepang, Siswa, Sumber Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian pada penulisan ini adalah untuk mengetahui dampak positif (sisi positif) dari kebijakan pendudukan Jepang di Indonesia dengan sasaran yaitu peserta didik (siswa) untuk dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa. Metode penelitian pada penulisan ini menggunakan metode historis dengan melalui langkah-langkah yaitu, heuristik, kritik, interpretasi, dan tahap akhir yaitu historigrafi. Pada penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data yaitu Teknik analisis data berupa teknik analisis data historis. Dimana kegiatan analisis menggunakan kritik, interpretasi, dan menarik kesimpulan serta menafsirkannya dengan menggunakan tahap historiografi. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah Sisi positif atau keuntungan yang dapat dipetik atau diperoleh bangsa Indonesia pada masa pendudukan Jepang adalah terdapat pada bidang politik, bidang militer, bidang ekonomi, bidang sosial-budaya serta pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aman. (2014). Indonesia: Dari Kolonialisme sampai Nasionalisme. Yogyakarta: Pujangga Press.

Badrika, I. W. (1997). Sejarah Nasional Indonesia dan Umum. Ed. 2, Cet. 2. Jakarta: Erlangga.

Fadli, M. R., & Kumalasari, D. (2019). Sistem ketatanegaraan Indonesia pada masa pendudukan Jepang. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13(2), 189-205.

Fattah, A. (2005). Demiliterisasi Tentara; Pasang Surut Politik Militer 1945- 2004. Yogyakarta: LKiS.

Gottschalk, L. (1986). Mengerti Sejarah. Diterjemahkan oleh Nugroho Notosusanto. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Hudaidah, H., & Karwana, M. A. P. (2022). Pendidikan Di Indonesia Masa Pendudukan Jepang. Danadyaksa Historica, 1(2), 97-104.

Husaini, F dan Apid. (2008). Romusa: Sejarah yang terlupakan. Yogyakarta: Ombak.

Istifaroh, A. (2014). Kebijakan Pendudukan Pemerintahan Jepang Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Surabaya Tahun 1942-1945.

Koentjaraningrat. (1983). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Kurasawa, A. (2015). Kuasa jepang di Jawa (Perubahan Sosial di Perdesaan 1942-1945). Diterjemahkan oleh Hermawan Sulistyo. Depok: Komunitas Bambu.

Kutoyo, S. (1997). Sejarah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Praditya, D. W., & Sunarti, L. (2022). Pengaruh Kebijakan Pemerintah Militer Jepang terhadap Kehidupan Sosial-Militer di Kedu-Syuu Tahun 1942-1945. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 4068-4077.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Nurrahma, E. G. (2023). MENOLAK SARKAS: MENGENAL SECARIK DAMPAK POSITIF DARI KEBIJAKAN PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 53-65. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24667