SEJARAH PERKEMBANGAN PERS DAN PEMANFAATAN MUSEUM PERS NASIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PERGERAKAN NASIONAL

Authors

  • Mutiara Gita Cahyani Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24651

Keywords:

Museum, Nasional, Pers, Pergerakan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan Monumen Pers Nasional sebagai media pembelajran sejarah terutama pada materi sejarah masa pergerakan nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Komponen-komponen yang menjadi fokus pada penelitian ini antara lain yaitu: (1) Sejarah perkembangan pers di Indonesia, (2) Koleksi-koleksi apa saja yang dimiliki Monumen Pers Nasional untuk dijadikan sumber belajar peserta didik, (3) Bagaimana guru dan peserta didik memanfaatkan informasi serta koleksi yang terdapat di monumen pers sebagai sumber belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi pada Monumen Pers Nasional Surakarta serta sejarah perkembangan pers di Indonesia. Peneliti kemudian mencari informasi-informasi dari sumber tertulis seperti dokumen, artikel, jurnal, dan lain-lain yang berhubungan dengan fokus penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan melakukan tiga tahapan analisis, yaitu reduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan yang berhubungan dengan pengumpulan data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A. (2003). Sejarah Awal Pers dan Kebangkitan Kesadaran Keindonesiaan. Jakarta: Hasta Mitra-Pustaka Utan Kayu Perwakilan KITLV.

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Arifin, A. (1992). Komunikasi Politik dan Pers Pancasila. Jakarta: Media Sejahtera.

Ballantyne, R. (2011). “Looking Back and Looking Forward: The Rise of The Visitors-Centered Museumâ€. Curator: The Museum Journal: 85-92.

Effendi, A. (2010). Perkembangan Pers di Indonesia. Jakarta Barat: CV. Pamularsih.

Harahap, K. (2000). Kebebasan Pers di Indonesia. Bandung: Grafitti.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja ROSDAKARYA.

Muhammad, D. (1995). Semarang Sepanjang Jalan Kenangan. Kerja Sama Pemda Kodia Semarang-PKJT-Aktor Studio.

Wahidin, S. (2006). Hukum Pers. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Wiryawan. (2011). Mangkunegoro VII & Awal Penyiaran Indonesia. Jakarta: LPPS.

Yayasan Idayu. (1980). Monumen Pers Nasional. Jakarta: Yayasan Idayu.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Cahyani, M. G. (2023). SEJARAH PERKEMBANGAN PERS DAN PEMANFAATAN MUSEUM PERS NASIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MASA PERGERAKAN NASIONAL. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 27-39. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24651