MEMBANGKITKAN SEMANGAT NASIONALISME GENERASI MUDA BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KONGRES PEMUDA (1926 – 1928)

Authors

  • Dwi Putri Rachmawati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v2i2.24626

Keywords:

Generasi Muda, Kongres Pemuda, Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah dari peristiwa kongres pemuda sekitar tahun 1926 – 1928. Perlu diketahui bahwa sejarah sangat penting untuk dipelajari karena kita memerlukan alat pemersatu yang tidak bisa dipungkiri bahwa sejarah salah satu alasan kita untuk bertahan menjadi sebuah bangsa. Sejarah memberikan wawasan dan pemahaman kehidupan bahwa dari sejarah kita dapat memperoleh pemahaman berupa kesatuan, nasionalisme, dan kebangsaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai apa saja yang dapat diambil dari peristiwa kongres pemuda tahun 1926 – 1928 dan bagaimana cara menerapkan serta membangkitkan nilai tersebut bagi generasi muda melalui pembelajaran sejarah di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu dengan studi pustaka melalui berbagai sumber kepustakaan yang diperoleh melalui buku, jurnal, internet, dan lain sebagainya yang memenuhi kaidah-kaidah kepenulisan ilmiah serta dapat dipertanggungjawabkan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai nasionalisme yang terdapat dalam peristiwa kongres pemuda yaitu nilai persatuan dan kesatuan, semangat kebangsaan, rela berkorban, gotong royong, cinta tanah air, kebersamaan dan persaudaraan, menghargai perbedaan, dan lain sebagainya. Suatu peristiwa sejarah mengajarkan nilai-nilai positif yang dapat dijadikan pelajaran kehidupan dan dapat ditanamkan pada generasi muda penerus bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fuad, V. (2020). Membangkitkan Jiwa Nasionalisme Generasi Millenial Dengan Mengurai Benang Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia. Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 8(2). https://doi.org/10.24235/tamaddun.v8i2.7234

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Muwafiq, A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Dari Peristiwa Pertempuran 10 November Di Surabaya. JEJAK Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi, 2(2), 13–23.

Nazmi, R. (2019). Urgensi Pendidkan Sejarah Di Era Milenial. 324–331. https://doi.org/10.31227/osf.io/jzew4

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rochmat, S., & Trisnawati, D. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Wates, Kulon Progo. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 13(1), 205–215.

Setyowati, A. (2019). Pentingnya Nasionalisme di Era Indonesia Modern. Kompas.Com, 1–6. https://nasional.kompas.com/read/2019/11/15/15304751/pentingnya-nasionalisme-di-era-indonesia-modern?page=all

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strartegi Pembelajaran). In Yogyakarta : Aswaja Presisndo. www.aswajapressindo.co.id

Warto. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(4), 2–6.

Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Populika, Universitas Terbuka Yogyakarta, 7(1), 12–21.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Rachmawati, D. P. (2022). MEMBANGKITKAN SEMANGAT NASIONALISME GENERASI MUDA BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KONGRES PEMUDA (1926 – 1928). JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(2), 100-111. https://doi.org/10.22437/jejak.v2i2.24626