PENGARUH PENGAJARAN RADEN AJENG KARTINI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SEBAGAI BENTUK USAHA UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Ega Yuniarnengsih Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24614

Keywords:

Motivasi Belajar, R.A. Kartini, Pengajaran, Pembelajaran Sejarah.

Abstract

Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu tokoh perempuan yang dari peranannya memperjuangkan hak perempuan terutama dalam hal pendidikan yang tentunya dari berbagai perjuangannya menyimpan suatu pengajaran yang bisa dijadikan bahan pembelajaran. Adapun tujuan penulisan ini, adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh pengajaran R.A. (Raden Ajeng) Kartini dalam pembelajaran sejarah sebagai bentuk usaha untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan metode penelitian sejarah yang dimulai dari tahap pemilihan topik, heuristik/pengumpulan sumber, krtitik sumber, interpretasi dan historiografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi literatur. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengajaran R. A Kartini pada masa dahulu memberikan pengaruhnya dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah, seperti konsep pengajarannya, karakternya dan perjuangannya dalam memberikan pengajaran pada kaum perempuan. Sehingga harapan dari penulisan artikel ini bisa menggambarkan bagaimana pengaruh pengajaran R.A. Kartini pada masa itu yang bisa dijadikan inspirasi dan motivasi belajar pada diri peserta didik sebagai generasi penerus bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, M. R. (2020). Ibu Sebagai Madrasah Bagi Anaknya: Pemikiran Pendidikan RA Kartini. Journal of Islamic Education Policy, 5(2).

Afidah, D. (2021). DIKTAT MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SEJARAH.

Bakhri, M. S., Utomo, C. B., & Bain, B. (2018). Pembelajaran Sejarah, Persepsi dan Sikap Terhadap Figur Kartini Pada Siswa SMA N 2 Rembang Tahun 2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 132-140.

Hartutik, H. (2015). RA KARTINI: EMANSIPATOR INDONESIA AWAL ABAD 20. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 2(1), 86-96.

Handak, I. S. K., & Kuswanto, K. (2021). Menelaah Urgensi Pendidikan bagi Perempuan Sesuai dengan Pemikiran RA Kartini. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(1).

Ima, D., Restu, N., & Yusuf, S. (2020). Nilai-nilai pendidikan karakter ra kartini dalam buku habis gelap terbitlah terang. At-Thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 2(1), 343-354.

Karlina, H. (2020). Pemikiran Pendidikan dan Perjuangan Raden Ayu Kartini Untuk Perempuan Indonesia. Jurnal Humanitas, 7(1).

Kasih. A. S., Romadi, Atno. (2017). Impelemtasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Organisasi-Organisasi Kemerdekaan di Kelas XI IPS 1 SMA Nasional BUMIPUTERA Semarang. Indonesian Journal of History Education. 5(2). 1-7.

Mustikawati, C. (2015). Pemahaman emansipasi wanita. Jurnal kajian komunikasi, 3(1), 65-70.

Muthoifin, M., Ali, M., & Wachidah, N. (2017). Pemikiran Raden Ajeng Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 36-47.

Marfu'ah, U. (2020). KONSEP HARKAT DAN MARTABAT PEREMPUAN DALAM BUKU HABIS GELAP TERBITLAH TERANG KARYA RA KARTINI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 141-161.

Pramudawardhani, I., & Estiana, E. (2019). Perjuangan Dan Pemikiran Ra Kartini Tentang Pendidikan Perempuan. Keraton: Journal of History Education and Culture, 1(1).

Sukmana, W. J. (2021). Metode penelitian sejarah. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1-4.

Suryani, N. A., & Hudaidah, H. (2021). PEMIKIRAN RA KARTINI UNTUK RELEVANSI PENDIDIKAN KHUSUSNYA PADA KAUM WANITA DI INDONESIA. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(1), 119-122.

Said, N. (2016). Politik Etis Kepahlawanan RA Kartini: Menguak Spiritualisme Kartini yang Digelapkan. PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 7(2), 345-368.

Winarsih, I., Utomo. C. H., Ahmad. T. Z. (2017). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Religius dan Nasonalisme di MAN Temanggung TAHUN Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of History Education. 5(1). 22-29.

Yusuf, P., & Rinaldo, A. P. (2022). Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Klaten: Lakeisha.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Yuniarnengsih, E. (2023). PENGARUH PENGAJARAN RADEN AJENG KARTINI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SEBAGAI BENTUK USAHA UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 40-52. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24614