PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS INSTAGRAM PADA KAJIAN MATERI TUMBUHNYA JIWA NASIONALISME
DOI:
https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.23860Keywords:
Media Infografis, Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah Indonesia.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah untuk mengembangkan media pembelajaran infografis berbasis instagram dalam kajian materi bangkitnya nasionalisme di Indonesia dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran infografis berbasis Instagram dalam materi bangkitnya nasionalisme di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan 4D. Namun karena keterbatasan waktu dan biaya pada fase penelitian dan Pengembangan yang dilakukan, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli serta praktisi (guru) dan respon siswa, pengembangan media infografis berbasis instagram pada materi tumbuhnya nasionalisme dinyatakan layak diijadikan media pembelajaran Sejarah Indonesia untuk peserta didik SMA kelas XI di SMAN 3 Kota Serang. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil validasi ahli materi yang memperoleh presentase 93,3% dengan predikat “Sangat Layakâ€, berdasarkan hasil validasi ahli bahasa yang mendapatkan presentase 98,18% dengan predikat “Sangat Layakâ€, berdasarkan hasil presentase ahli media yang mendapatkan presentase 92,94% dengan predikat “Sangat Layakâ€, serta validasi praktisi (guru) yang mendapatkan presentase 96,54% dengan predikat “Sangat Layak†dan respon peserta didik dengan presentase 82,51% dengan predikat “Sangat Layakâ€.Â
Downloads
References
Agung, L. & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Ombak.
Aman. (2018) “Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah.†Ombak: Yogyakarta.
Creswell W. J. (2013). “Research Design Pendekatan Kulitatif, Kuantitatif, dan Mixed.†Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karwono. (2018). â€Belajar dan Pembelajaran.†Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Kurniasih, Nuning (2016) “Prosiding Makalah Seminar Nasional Komunikasi, Informasi dan Perpustakaan di Era Global.†Infografis halaman 456-465, Bandung, Universitas Padjajaran, Diakses 19 Desember 2019.
Mulyatiningsih, E. (2011) “Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik.†Yogyakarta, UNY Press.
Nurdiyansyah., Fahyuni., Eni, F. (2016) “Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.†Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Rusmini, R., Ambarita, A., & Darsono, D. (2017). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PQR4 PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI PUGUNGRAHARJO. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1).
Sadjati, I. M. (2012) Pengembangan Bahan Ajar. In: Hakikat Bahan Ajar. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-62. ISBN 9790110618. Diakses tanggal 15 Februari 2022
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adam Ikhsani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.