SEJARAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. TB. ACHMAD CHATIB DI BANTEN (1948-1966)

Authors

  • Abdul Rohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tubagus Umar Syarif Had Wibowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuni Maryuni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.23702

Keywords:

KH. TB. Achmad Chatib. Sejarah Pemikiran, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait sejarah pemikiran pendidikan KH. TB. Achmad Chatib di Banten pada tahun 1948-1966. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, terjadi perlawanan militer, perlawanan keagamaan, dan pemikiran. Salah satu tokoh pejuang dan ulama di Banten yaitu KH. TB. Achmad Chatib yang merupakan residen (gubernur) pertama di Banten setalah Indonesia merdeka, peran KH. TB. Achmad Chatib pada masa kolonialisme berupaya menciptakan nilai nasionalisme pemuda Banten. Perjuangannya tidak hanya dilakukan melalui perjuangan fisik, tetapi beliau juga berjuang melalui pemikiran khususnya dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan KH. TB. Achmad Chatib menggagas buah pikiran yang diimplementasikan dalam wujud lembaga pendidikan. 1) Masarratul Muhtajin yaitu lembaga pendidikan yang bergerak dibidang nonformal untuk mengembangkan ilmu keagamaan, 2) Masarratul Muta’allimin yaitu lembaga pendidikan yang bergerak dibidang formal untuk mengembangkan ilmu pengetahuan umum, 3) Masarratut Tanjih yaitu lembaga sosial masyarakat untuk menjaga dan merawat peninggalan kesultanan Banten.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, D. (2011), Metodologi Penelitian Sejarah Islam, Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ali, M. (2015), Banten dan Pembaratan, Serang: LP2M.

_____ (2020), KH. TB. Ahmad Chotib, Jalan Hidup dan Jejak Langkah Perjuangan Sang Residen Banten, Serang: Pemkot Serang.

Ali, M. & Mehrunnisa Ani Mufti, (2020), Revolusi Banten 1926 dan Penjara Neraka Boven Digoel, Serang: Pemerintah Kota Serang.

Ali, M. & Ratu Nijmah Salamah, (2020), KH. TB. Ahmad Suchari Chotib, Serang: Pemerintah Kota Serang.

Bruinssen, V. N, (1995), Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia, Bandung: Mizan.

Daulay, P. H, (2012), Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: KENCANA

Gottschalk, L. (1985). Mengerti Sejarah (terj. Nugroho Notosusanto)., Jakarta: UI Press.

Kartodirjo, S. (1984), Gerakan Pemberontakan Petani Banten 1888, Cet. Ke-1 Jakarta: PT. Pustaka Jaya & YHS.

__________ (2014). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Lubis, H. N, (2004), Banten dalam Pergumulan Sejarah: Sultan, Ulama, Jawara, Jakarta: Pustaka LP3S Indonesia.

__________ (2014). Sejarah Banten : Membangun Tradisi dan Pradaban,Banten : Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten.

Halwany, M. (2011). Catatan Masalalu Banten. Banten: Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Banten.

Qomar, M. (2006), Pesantren : Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Bantul: Pustaka Populer Obor.

Taufik, A. (2005). Sejarah Pemikiran dan Tokoh Modernisme Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sumber Wawancara :

Hj. Ratu Tinti Chatib selaku anak dari KH. TB. Achmad Chatib.

KH. TB. Suaedi Basit selaku sesepuh atau tokoh masyarakat Banten Lama (murid dari KH. TB. Achmad Chatib).

Hj. Ratu Alawiyah, S. Ag. Selaku kepala yayasan Masarratul Muta’allimin (cucu dari KH. TB. Achmad Chatib).

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Rohman, A., Wibowo, T. U. S. H., & Maryuni, Y. (2023). SEJARAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. TB. ACHMAD CHATIB DI BANTEN (1948-1966). JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.23702