MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 82/IX PIJOAN MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH DENGAN STRATEGI KNOW, WANT TO KNOW, LEARNER (KWL)

Authors

  • Yenti Marlina SDN. 28/IX Pijoan Muaro Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v2i2.21904

Keywords:

Hasil Belajar, Peninggalan Sejarah, Strategi KWL (Know, Want to know, Learner).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi peninggalan sejarah dengan menggunakan strategi KWL SDN 82/IX Pijoan siswa kelas V. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus, masing-masing sebagai berikut: Hasil siklus 1 dengan menggunakan model pembelajaran strategi KWL diperoleh skor rata-rata siklus 1 sebesar 77,3. Nilai tertinggi 100 untuk 1 siswa, nilai terendah 65 untuk 3 siswa, dan kemauan belajar 80% 20. % tidak tercapai. Pada Siklus II rata-rata skor Siklus II adalah 81,7 dengan skor tertinggi 100, 1 dengan skor terendah 65, dan 1 dengan tingkat penguasaan 93% kurang dari 7%. Dari sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi KWL meningkatkan hasil belajar pemahaman materi peninggalan sejarah kelas V SDN 82/IX Pijoan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriyanti, F. D. (2019). Pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru-guru SDN Kendalbulur I Kec.Boyolangu Kab. Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 4–8.

Arikunto, S (2012) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Kemdiknas (2011) Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdiknas

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Muldayanti, N. D., & Kurniawan, A. D. (2019). Pelatihan Pembuatan Proposal dan Coaching Clinic Penelitian Tindakan Kelas Guru IPA Biologi Se-Kabupaten Kubu Raya. Buletin Al-Ribaath, 16(1), 36–40.

Nasution, S (1990) Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Oemar, H (2006) Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Paris, S. G. (1987). Reading and thinking strategies. Lexington: DC Heath and Company

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar di kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 107-122.

Sudjana, N (2012) Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan Penting Sejarah Lokal sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85-94.

Thobroni (2016) Belajar dan Pembelajaran. AR-RUZZ MEDIA. Yogyakarta: Cetakan II

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Marlina, Y. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 82/IX PIJOAN MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH DENGAN STRATEGI KNOW, WANT TO KNOW, LEARNER (KWL). JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(2), 36-46. https://doi.org/10.22437/jejak.v2i2.21904