PERSEPSI SISWA KELAS XI MIPA TERHADAP PEMBERIAN TUGAS MIND MAPPING PADA MATERI PEMBENTUKAN PEMERINTAHAN PADA AWAL KEMERDEKAAN INDONESIA DI SMA NASIONAL MALANG

Authors

  • Adin Kholifah Universitas Negeri Malang
  • Edwin Ariwianto Universitas Negeri Malang
  • Robbi Maulana Malik Huda Universitas Negeri Malang
  • Joko Sayono Universitas Negeri Malang
  • Dwi Agustin SMA Nasional Malang
  • Nanik Mahiroh SMA Nasional Malang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v2i1.19672

Keywords:

Persepsi, Inovasi, Mind map

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah mengetahui persepsi siswa kelas XI MIPA di SMA Nasional Malang mengenai penugasan membuat mind map pada KD 3.8 yaitu Pembentukan Pemerintahan pada Awal Kemerdekaan Indonesia sebagai inovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan trianggulasi atau gabungan, penelitian diawali dengan observasi dan wawancara kemudian setelah tindakan dilakukan dilakukan penyebaran angket. Dimaksudan gabungan karena dalam pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan juga penyebaran angket. Pemberian tugas mind map pada awalnya adalah bentuk solusi dari permasalahan siswa tidak memiliki sumber belajar, dan karakteristik siswa yang senang mencatat banyak materi daripada diberi PPT. Adapun hasil dari penelitian ini adalah siswa berpandangan bahwa penugasan membuat mind map efisien untuk tugas, membuat jadi mudah memahami materi, cocok dengan materi yang diajarkan. Siswa yang menjadi responden juga memandang dengan mengerjakan tugas mind map dapat menambah kemampuan serta keterampilan dalam hal mendesain, mudah dikerjakan, dan juga cocok diterapkan di KD yang lain serta mata pelajaran yang lain juga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A., & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari, ed.). Sukabumi: CV Jejak.

Buzan, T. (2018). Mind Map Mastery: The Complete Guide to Learning and Using the Most Powerful Thinking Tool in the Universe. London: Watkins Media Limited.

Darnella, R., Syarifah, & Afriansyah, D. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains, 9(1).

Darusman, R. (2014). Penerapan metode mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 164–173.

Miarso, Y. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1).

Nurani, I. W., Wakidi, W., & Ekwandari, Y. S. (2017). Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 5(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium/article/view/11047

Santi, V. P., Abdat, C. H., & Mahmudah, U. (2017). Pengembangan Panduan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 5(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium/article/view/11047

Sayono, J. (2015). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 7(1), 9–17.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendektan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, D. A. (2021). MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 2 MEJAYAN. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(2), 273–280.

Supriadi. (2015). PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Latinda Journal, 3(2).

Windura, S. (2013). 1st Mind Map. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Windura, S. (2016). Mind Mapping Langkah: Cara paling mudah dan benar mengajarkan dan membiasakan anak menggunakan mind map untuk merain prestasi. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Wiyarsi, A., & Sutiman. (2009). PENGARUH PETA KONSEP TERHADAP MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA SISWA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(14), 81–88.

Downloads

Published

2022-08-10

How to Cite

Kholifah, A., Ariwianto, E., Malik Huda, R. M., Sayono, J., Agustin, D., & Mahiroh, N. (2022). PERSEPSI SISWA KELAS XI MIPA TERHADAP PEMBERIAN TUGAS MIND MAPPING PADA MATERI PEMBENTUKAN PEMERINTAHAN PADA AWAL KEMERDEKAAN INDONESIA DI SMA NASIONAL MALANG. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(1), 23-32. https://doi.org/10.22437/jejak.v2i1.19672