Dinamika Kebijakan Poros Maritim Indonesia pada masa Pemerintahan Joko Widodo Periode Tahun 2014-Sekarang

Authors

  • Muhammad Rafli Saniah Universitas Jambi
  • Isrina Siregar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v1i2.16408

Abstract

Presiden Joko Widodo akan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, juga ingin menjadikan wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah perairan yang aman di dunia bagi semua aktivitas laut, dan untuk itu pemerintah akan menjamin keamanan dan keselamatan transportasi laut yang dilakukan oleh masyarakat maupun pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang Dinamika Kebijakan Poros Maritim Indonesia pada masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo guna untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Penelitian ini dilakukan Melalui Teknik Pengumpulan Data dengan Studi Kepustakaan, dan Analisis Data dilakukan menggunakan Metode Kualitatif. Strategi internasional Indonesia sampai saat ini telah keyakinan untuk secara konsisten mendorong di antara dua batu, ketika periode Jokowi dengan strategi Oceanic Hub-nya, prinsipnya telah berubah menjadi satu dayung dua tiga pulau terlampaui, Semoga dengan adanya Kebijakan-Kebijakan yang dilakukan Oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo terhadap Poros Maritim Indonesia semakin maju dan Maritim Indonesia selalu terjaga dari Permasalahan Sengketa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Syahrin. (2018). Kebijakan Poros Maritim Jokowi dan Sinergitas Strategi Ekonomi dan Keamanan Laut. Journal Indonesian Perspective. Vol. 3, No. 1.

Amiruddin & Heri. (2018). Dirkursus Pembangunan Poros Maritim Dunia : Telah Krisis Kebijakan. Jurnal Komunikasi Pembangunan. Vol. 16, No.1.

Arcelinocent. (2019). Kebijakan Maritim dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. Journal Lex Et Societatis. Vol. 7, No. 12.

Artha & Fahmi. (2020). Analisis Swot Kebijakan Poros Maritim Global diwilayah Kepulauan Riau. Journal Of International Studies. Vol. 3, No. 2.

Dwi Ardiyanti. (2018). Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia: Tantangan dan Peluang Keamanan dan Ekonomi Era Jokowi. Jurnal Resolusi. Vol. 1, No. 2.

Evan, Iis Gindarsah, dan Andrew W. (2018). Menerjemahkan Visi Poros Maritim Global ke Dalam kerangka Diplomasi Pertahanan Maritim Dalam Kebijakan Luar Negeri Indonesia di Era Jokowi. Journal Centre For Strategic and International Studies. Jakarta:2018.

Harri , Hijra, Alfajri. (2017). Proyeksi Perdagangan InternasionalIndonesia dalam Kerangka Gagasan Poros Maritim Indonesia. Prosiding Celscitech-Umri. Vol. 2, No. 1.

Kris Naning. (2019). Kepentingan Indonesia Terhadap One Belt One Road (OBOR) dalam Upaya Mewujudkan Poros Maritim Dunia. Journal Transborders. Vol. 2, No. 2.

Laode M. Fathun. (2017). Kebijakan Geopolitik Poros Maritim di Era Jokowi dalam Filosofi Frame Ideologis. Jurnal PIR. Vol. 1, No. 2.

Nazamuddin Khairur. (2013). Smart Maritime Diplomacy: Diplomasi Maritim Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia. Global & Strategis, Th. 13, No. 1.

P. Partogi. (2015). Kebijakan Poros Maritim Dunia Joko Widodo dan Implikasi Internasionalnya. Journal Politica. Vol. 6, No. 2.

Pupu, (2009). Penilitian Kualitatif. Equilibrium. Vol. 5, No. 9.

Safri & Ridwan. (2017). Kebijakan Poros Maritim dan Keamanan Nasional Indonesia: Tantangan dan Harapan. Jurnal Pertahanan & Bela Negara. Vol. 7, No. 3.

V. Wiratna. (2014). Metodeologi Penelitian. (Yogyakarta:Pustaka Baru Perss, 2014), h.57.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penilitian Kualitatif. Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Juli 2017.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Saniah, M. R., & Siregar, I. (2021). Dinamika Kebijakan Poros Maritim Indonesia pada masa Pemerintahan Joko Widodo Periode Tahun 2014-Sekarang. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 1(2), 64-72. https://doi.org/10.22437/jejak.v1i2.16408