PERANAN KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA PADA MASA HINDIA-BELANDA HINGGA REFORMASI MASA PEMERINTAHAN PRESIDEN IR. JOKOWI DODO

Authors

  • Uswatun Khasanah Universitas Jambi
  • Reka Seprina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v2i1.16342

Keywords:

Peranan, Kepolisian Republik Indonesia, Reformasi

Abstract

Pemerintah kolonial belanda masih diakui sebagai penguasaan Hindia Belanda atas wilayah Indonesia Mereka sudah pergi sebelumnya. Sejak saat itu muncul fenomena kewenangan ganda di satu wilayah diantara pemerintahan Hindia Belanda dengan Republik Indonesia. Artikel ini menjelaskan tentang  masa reformasi menimbulkan sejumlah tindakan memberontak oleh rakyat yang menyebabkan sebuah wilayah menjadi kewenangan pemerintahan Belanda. Dan Metode yang akan  digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian sejarah yang terbagai menjadi empat bagaian, Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Peranan Kepolisian yang kondusif guna meminimalkan akibat dari serangan teroris dan permusuhan yang terjadi pada saat itu. Kepolisian pada masa Hindia-Belanda mengawasi perkembangan media cetak ini pada tahun berlangsung sangat lama hingga kemerdekaan. Perubahan penting terjadi pada isi surat kabar dari munculnya kabar sebagai instrumen yang berperan dalam komunikasi perdagangan sampai menjelma sebagai dewan yang mengangkat isu sosial dan politik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allifiansyah,S.(2015) Media Alternative Di Indonesia. Jurnal scholar,8

Gusti Resi, Y., & Muslim, M. (2021). Peranan Kepolisian Republik Indonesia Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba Pada Masyarakat Di Kabupaten Indragiri Hulu (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta).

Hakiki, N., & Utomo, T. C. (2019). Doktrin Poros Maritim Dunia Era Jokowi dan Keamanan di Bidang Maritim Studi Kasus: Perdagangan Narkotika Jalur Laut Tahun 2014-2018. Journal of International Relations, 5(4), 609-617.

Kurniawan, R. (2020). Presiden Joko Widodo ( Studi Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung ).

Notosusanto Nugroho (1971) Norma-Norma Dasar Penelitian dan Penulisan Sejarah. Jakarta: Departemen Pertahanan-Keamanan Pusat Sejarah ABRI.

Rantika Kurniati, H. Y., & Halim, A. Police Role In The Socialization Of Hate Speech Prevention And Hoax News In The Resort’s Legal Area Way Kanan.

Sanjaya, F. Kepemimpinan Politik Nurdin Abdullah Di Kabupaten Bantaeng Skripsi Oleh: Ajib Subowo E.

Seprina, R. (2021). Study Perkembangan Perekonomian Jambi Masa Hindia-Belanda (1906-1942) Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sejarah Berbasis Lokal: Indonesia. Jurnal EduSosial, 1(1), 99-109.

Supardan, I. (2008). Peranan Kepolisian Indonesia Dalam Penegakan Hukum Dan Perlindungan Hak Asasi Manusia (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya).

Wahyudi, A. T. (2016). Kewenangan Absolut Peradilan Agama di Indonesia Pada Masa Kolonial Belanda Hingga Masa Pasca Reformasi. YUDISIA: Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam, 7(2), 285-304.

Yuningsih, A. S. (2019). Peranan Komisaris Polisi M. Joesoef Martadilaga Dalam Perang Gerilya Pada Masa Agresi Militer Belanda Di Banten Tahun 1946-1949 M (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Downloads

Published

2022-08-10

How to Cite

Khasanah, U., & Seprina, R. (2022). PERANAN KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA PADA MASA HINDIA-BELANDA HINGGA REFORMASI MASA PEMERINTAHAN PRESIDEN IR. JOKOWI DODO. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(1), 60-68. https://doi.org/10.22437/jejak.v2i1.16342