Pentingnya Pendekatan Interpersonal Skills untuk Mengembangkan Hard Skill & Soft Skill pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.22437/jejak.v1i2.16320Abstract
Tujuan penyusunan artikel ini ialah untuk memberikan suatu informasi terkait mengembangkan Hard Skill dan Soft Skill pada Mahasiswa, salah satu faktor dari banyak penentu dalam sukses atau tidak nya pendidikan yang berkelanjutan ialah dengan Hard skill dan Soft skill. Didalam penerapannya, hardskill dan softskill dapat di terapkan menggunakan berbagai macam pendekatan, salah satunya italah dengan Interpersonal Skill. Metode pengumpulan data menggunakan penelusuran literatur dari review jurnal yang relevan dengan tema penulisan, kemudian di analisis secara mendalam untuk mendapatkan jawaban dari tema yang telah disajikan. Hasil dari pembahasan menjelaskan bahwa Interpersonal memiliki lima indikator, diantaranya (1) menghormati pandangan orang lain, (2) menyadari tanggung jawab sosial, (3) berkolaborasi dengan yang lain, (4) toleransi terhadap orang lain, dan (5) berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Yang mana jika keseluruh indikator ini dapaat teraplikasikan dengan baik dapat mengembangkan Hard skills dan Soft Skills Mahasiswa.
Downloads
References
Creswell, J. W. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran (Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
E. Mulyasa (2005) Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Gardner, H. (1993). Frames of mind: the theory of multiple intelligence. New York: Basic Books.
Green, J.L, Skukauskaite, A, & Claire, W.S (2007) Classroom Interaction, Meaning Construction and Curriculum Change: International Directions Across Curriculum. Journal of Classroom Interaction. Vol. 41 (2).
Hendarman, A. F., & Tjakraatmadja, J. H. (2012). Relationship among Soft Skills, Hard Skills, and Innovativeness of Knowledge Workers in the Knowledge Economy Era. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 52, 35–44.
Hergenhahn, B.R. and Olson, Mathew H. (1993). An Introduction to Theories of Learning (4th Ed). Prentice Hall. New Jersey.
Khodijah, S , Suharno, & Triyanto (2018) Strategy for Increasing The Students’ Interpersonal Communication Skills through Problem-Based Learning. International Journal of Educational Research Review. Vol. 3(4).
Matteson, M. L., Anderson, L., & Boyden, C. (2016). “Soft Skillsâ€: A Phrase in Search of Meaning. Portal: Libraries and the Academy, 16(1), 71–88.
Mursell, J. L (1975) Pengajaran Berhasil (Edisi terjemahan oleh L.P Simandjuntak dan Soeitoe). Jakarta: Universitas Indonesia Press
Ni Kadek Sinarwati (2014) “Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Mampu Meningkatkan Soft Skills dan Hard Skills Mahasiswa?â€, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Jumanika, Volume 3, No 2, Singaraja, Juni, , h. 121
Pachauri, D & Yadav, A (2014) Importance of Soft Skills in Teacher Education Programme. International Journal of Educational Research and Technology. Vol. 5 (1).
Rusman. (2017) Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Schulz, Bernd (2008) The Importance of Soft Skills: Education beyond academic knowledge. NAWA Journal of Language and Communication. Polythechnic of Namibia.
Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syaiful B. Djamarah & Aswan Zain. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Van, Rossum dan Rebecca, Hammer (2010) The Meaning of Learning and Knowing. Sense Publishers : Rotterdam.
Widarto (2012) Model Pembelajaran Soft Skills pada Pendidikan Vokasi Bidang Manufaktur. Desertasi, UNY.
Zamroni. (2005). Development of the educational assessment system that implements the CBC under an autonomy. Journal of Educational Research and Evaluation. Vol 2. No. 12, May 2005, Year 11, ISSN 1410-4725. Yogyakarta: HEPI PPs. UNY.
Zed, M. (2014). Metode penelitian kepustakaan (Pertama). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zuchdi, D. (2010) Humanization Of Education, Rediscover The Humane Education. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Versions
- 2022-04-13 (2)
- 2021-12-31 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 M Afrillyan Dwi Syahputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.