KEBUTUHAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA KULIAH SEJARAH AUSTRALIA DAN PASIFIK
DOI:
https://doi.org/10.22437/jejak.v1i2.16219Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media-media yang digunakan dalam pembelajaran mata kuliah sejarah Australia dan pasifik dan mengetahui konten media dalam e-learning yang perlu dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif terdiri atas tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media yang digunakan dosen selama ini berupa buku teks, handout PDF dan powerpoint yang hanya berisi teks saja sehingga media masih kurang bersifat interaktif. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada mahasiswa diperoleh hasil media yang dipilih oleh mahasiswa adalah media powerpoint interaktif.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Depok : PT Rajafindo Persada.
Asmadji, H. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Beajar IPA Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V SDN Ketabang 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–14.
Aunurrahman (2009) Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. 2008. E-learning and The Science of Instruction. San Fransisco: Preiffer
Maria, R. A. &, & Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria, 6(1), 143–157.
Maryani, D. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. 12(1), 18–24.
Raras, K. L. H. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD SN Batursari 6 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. In Skripsi. Salatiga: FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.
Sugiyono (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA.
Suyono, & Nugroho, G. K. (2012). Optimalisasi Microsoft Office Powerpoint 2010 dalam Pembuatan Media Interaktif Penggandaan Dokumen untuk Program Keahlian Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(2), 29–37.
Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Pemanfaatan situs purbakala candi muaro jambi sebagai objek pembelajaran sejarah lokal di era digital. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(1), 77-87.
Warsita, B (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nur Agustiningsih, Deki Syaputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.