KEBUTUHAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA KULIAH SEJARAH AUSTRALIA DAN PASIFIK

Authors

  • Nur Agustiningsih Universitas Batanghari
  • Deki Syaputra Universitas Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v1i2.16219

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media-media yang digunakan dalam pembelajaran mata kuliah sejarah Australia dan pasifik dan mengetahui konten media dalam e-learning yang perlu dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif terdiri atas tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Media yang digunakan dosen selama ini berupa buku teks, handout PDF dan powerpoint yang hanya berisi teks saja sehingga media masih kurang bersifat interaktif. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada mahasiswa diperoleh hasil media yang dipilih oleh mahasiswa adalah media powerpoint interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Depok : PT Rajafindo Persada.

Asmadji, H. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Beajar IPA Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V SDN Ketabang 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–14.

Aunurrahman (2009) Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. 2008. E-learning and The Science of Instruction. San Fransisco: Preiffer

Maria, R. A. &, & Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria, 6(1), 143–157.

Maryani, D. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. 12(1), 18–24.

Raras, K. L. H. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD SN Batursari 6 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. In Skripsi. Salatiga: FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Sugiyono (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AFABETA.

Suyono, & Nugroho, G. K. (2012). Optimalisasi Microsoft Office Powerpoint 2010 dalam Pembuatan Media Interaktif Penggandaan Dokumen untuk Program Keahlian Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(2), 29–37.

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Pemanfaatan situs purbakala candi muaro jambi sebagai objek pembelajaran sejarah lokal di era digital. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(1), 77-87.

Warsita, B (2008) Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Agustiningsih, N., & Syaputra, D. (2021). KEBUTUHAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA KULIAH SEJARAH AUSTRALIA DAN PASIFIK. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 1(2), 19-24. https://doi.org/10.22437/jejak.v1i2.16219