PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERBASIS COMIC LIFE MATERI PERTEMPURAN 10 NOVEMBER 1945 KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI

Authors

  • Budi Purnomo Universitas Jambi
  • Fitra Adiansyah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v1i2.16196

Abstract

Pendidikan membutuhkan inovasi baru dalam hal media dan strategi pembelajaran untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini dapat menambah variasi dalam media pembelajaran yang cenderung monoton dengan media pembelajaran E-Komik ini diharapkan dapat meningkatakan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE sebagai model pengembangan. Subjek dalam penelitian ini Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kota Jambi yang berjumlah 30 orang siswa dengan instrument pengumpulan data yaitu wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskritif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan mendapat presentase menggatakan bahwa media pembelajaran E-komik berbasis comic life telah memenuhi syarat dan layak digunakan dalam pembelajaran sejarah. Hal itu dilihat dari hasil validasi ahli materi dengan presentase 83,3% dikatgorikan sangat baik dan validasi ahli media dengan presentase 86,6% dikatagorikan sangat baik. Dari angket respon siswa kelompok kecil mendapatkan presentase 84,5% dikatagorikan sangat baik dan angket respon siswa kelompok besar dengan presentase 90,4% dikatagorikan sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media e-komik berbasis comic life layak digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhar, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Jakarta : Nuansa

Daryanto. (2016). Media Pebelajaran. Yogyakarta Gava Media.

Hamalik, Oemar. (2002). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: PT Tiara Wancana Yogya.

Madcoms. (2014). Membuat Komik. Strip Online. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sartono Kartodirjo. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sri Anitah. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta LPP UNS dan UNS Press.

Arian, R dan Eka Kartika, S. (2019). Pengembangan Media Comic Life untuk Gerakan Literasi Siswa Kelas III di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 5(1): 160-163.

Munawar, Badri. (2020). Desain Pengembangan Bahan AjarnDigital Berbantu Aplikasi Comic Life 3 Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Pedagogik 4(2): 163-166.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 9(1): 86-87.

Fawaidah, H dan Sukarmin. (2016). Pengembangan Media Chemic (Chemistry Comic) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Ikatan Kimia untuk Siswa Kelas X SMA. Unesa Jurnal of Chemistry Education, 5(3): 621-628.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Purnomo, B., & Adiansyah, F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERBASIS COMIC LIFE MATERI PERTEMPURAN 10 NOVEMBER 1945 KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 1(2), 25-34. https://doi.org/10.22437/jejak.v1i2.16196