PERSEPSI SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MOBILE MATERI PERDAGANGAN ANTARPULAU SUMATERA DAN JAWA ABAD KE 13-16 MASEHI DI SMK TELENIKA PALEMBANG

Authors

  • Rahman Abidin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jejak.v1i2.14491

Keywords:

Persepsi siswa, Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Mobile, Perdagangan Antarpulau

Abstract

Persepsi adalah suatu proses kegiatan yang didasari dari hasil pengamatan seseorang terhadap suatu objek yang diamati berupa tanggapan yang disampaikan dalam bentuk lisan ataupun tulisan serta dapat mempengaruhi nilai suatu objek yang diamati. Persepsi siswa sangatlah penting untuk dapat diketahui dalam sebuah penilaian. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi siswa terhadap model pembelajaran sejarah berbasis mobile materi perdagangan antarpulau Sumatera dan Jawa abad ke13-16 masehi di kelas 10 Sekolah Menengah Kejuruan Telenika Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap model pembelajaran sejarah berbasis mobile materi perdagangan antarpulau Sumatera dan Jawa abad ke13-16 masehi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik Aalisis Data menggunakan Analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini didapatkan data persepsi siswa dengan rata-rata persentase yaitu 95,63%, dilihat dari ketiga indikator yaitu menerima, memahami dan menilai atau respon menunjukkan bahwa persepsi siswa memilih setuju dan sangat setuju dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, model pembelajaran sejarah berbasis mobile dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih efektif dan mudah diterima siswa guna pencapaian hasil belajar yang lebih baik dan lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aman (2011) Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah, (Yogyakarta: Ombak. 2011), h. 100.

Hamzah (2014) Model Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014), h. 36.

Harrison, L. H. (2009). Local history as a teaching technique. Peabody Journal of Education, January.

Poesponegoro, Marwati Djoenet (2011) Sejarah Nasional Indonesia III, Jakarta: Balai Pustaka.

Rusman (2016) Model – model Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sapriya (2012) Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono (2012) Metode Penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Suharsimin (2013) Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Pemanfaatan situs purbakala candi muaro jambi sebagai objek pembelajaran sejarah lokal di era digital. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(1), 77-87.

Tirtarahardja, Umar (2015) Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wina Sanjaya (2014) Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Abidin, R. (2021). PERSEPSI SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MOBILE MATERI PERDAGANGAN ANTARPULAU SUMATERA DAN JAWA ABAD KE 13-16 MASEHI DI SMK TELENIKA PALEMBANG. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 1(2), 1-18. https://doi.org/10.22437/jejak.v1i2.14491