PERANAN PEMERINTAHAN INDONESIA DALAM MENJAGA KEUTUHAN WILAYAH MARITIM NKRI DALAM KONFLIK LAUT CINA SELATAN

Authors

  • ARI SURA GUNAWAN WAKINO UNJA
  • Isrina Siregar Universitas Jambi

Keywords:

Kebijakan, Konflik, Laut Cina Selatan, Pertahanan Indonesia, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang kebijakan dan strategi pertahanan Indonesia dengan membahas permasalahan yang berkaitan dengan kasus konflik di Laut Cina Selatan. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dan strategi pertahanan Indonesia guna mengantisipasi konflik Laut Cina Selatan belumlah berjalan dengan baik. Ditemukan bahwa kebijakan dan strategi pertahanan belum sejalan dengan kebijakan luar negeri yang memberikan perhatian khusus pada dinamika kawasan Asia Tenggara wilayah Indonesia merupakan salah satu negara ASEAN yang memiliki wilayah terluas baik di darat dan dilaut, dalam hal ini termasuk yang berada di kawasasn Laut Cina Selatan. Yang dimana dalam hal iini cara yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia diniai masih berjalan belum secara efektif dan dinilai belum mengatasi permasalahan Laut Cina Selatan yang terjadi bahkan hingga kini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Dudung. 2007. Metodologi Penelitian Sejarah. Jakarta:PT. Logos

Haffsari, P. P., & Kurniawan, Y. (2018). Peran Kepemimpinan Indonesia dalam Pengelolaan Sengketa Laut Cina Selatan. Jurnal Sosial Politik, Vol 4(No:1)

Harahap, A. B., & Afrizal, A. (2016). Upaya Asean Dalam Menyelesaikan Konflik Laut Cina Selatan Tahun 2010-2015 (Doctoral dissertation, Riau University).

Harini, S. (2012). Kepentingan Nasional China Dalam Konflik Laut Cina Selatan. Transformasi, Vol 14(No:21).

Kalembang, J. V. (2020). Analisis Sengketa Zona Ekonomi Ekslusif Antara Indonesia Dan Rrt Di Kepulauan Natuna. Journal of Politic and Government Studies,Vol 9(No:04),

Muslimah, F., & Adi, D. P. (2020). Analisis Konflik Kepulauan Natuna Pasa Tahun 2016-2019. Jurnal Al-Ahkam: Jurnal Hukum Pidana Islam, 2(2), 10-19.

Nugraha, A. A. (2011). Manuver Politik Cina dalam Konflik Laut Cina Selatan. Jurnal Pertahanan.

Prabowo, E. E. (2013). Kebijakan Dan Strategi Pertahanan Indonesia (Studi Kasus Konflik Di Laut Cina Selatan). Jurnal Ketahanan Nasional, Vol 19(No:3)

Prasetyani, D. (2012). Upaya Pemerintah Indonesia dalam Mencapai Kepentingan Nasional di Laut China Selatan (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Pudjiastuti, T. N., & Prayoga, P. (2016). ASEAN dan Isu Laut Cina Selatan: Transformasi Konflik Menuju Tata Kelola Keamanan Regional Asia Timur. Jurnal Penelitian Politik, Vol 12(No:1)

Saragih, H. M. (2018). Diplomasi Pertahanan Indonesia dalam Konflik Laut China Selatan. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. Vol 12 (No:1).

Suharman, Y. (2019). Dilema Keamanan dan Respons Kolektif ASEAN terhadap Sengketa Laut Cina Selatan. Intermestic: Journal of International Studies, Vol 3(No:2).

Tampi, B. (2018). Konflik Kepulauan Natuna Antara Indonesia dengan China (Suatu Kajian Yuridis). Jurnal Hukum Unsrat, Vol 23(No:10).

Widjaja, S & Kadarusman. (2019). Sejarah dan Politik Maritim Indonesia. Jakarta : AMAFRAD PRESS

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

WAKINO, A. S. G., & Siregar, I. (2021). PERANAN PEMERINTAHAN INDONESIA DALAM MENJAGA KEUTUHAN WILAYAH MARITIM NKRI DALAM KONFLIK LAUT CINA SELATAN. JEJAK | Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 1(1), 85-94. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jejak/article/view/13852

Issue

Section

Articles