Pembentukan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan

Authors

  • Muhammad Farhan Hidayat Universitas Jambi
  • Budi Purnomo Universitas Jambi

Keywords:

Hizbul Wathan, Nasionalisme, Pembentukan Karakter

Abstract

pembentukan karakter nasionalisme melalui Ekstrakurikuler hizbul wathan. Didalam penelitian ini terdapat 2 rumusan masalah yaitu bagaimana ekstrakurikuler hizbul wathan, bagaimana ekstrakurikuler hizbul wathan dalam membentuk karakter nasionalisme peserta didik SMP 1 Muhammadiyah Kota Jambi. Adapun tujuan penelitian mengetahui mengetahui apa ekstrakurikuler hizbul wathan, mengetahui ekstrakurikuler hizbul wathan dalam membentuk karakter nasionalisme peserta didik SMP 1 Muhammadiyah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kepanduan hizbul wathan SMP 1 Muhammadiyah Kota Jambi. Dengan adanya kegiatan kepanduan hizbul wathan di SMP 1 Muhammadiyah Kota Jambi dapat membentuk karakter nasionalisme peserta didik melalui kegiatan yang dilaksanakan dalam ekstrakurikuler hizbul wathan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2018).Pendidikan Karakter Bangsa. Banda Aceh. Adnin Foundation Publisher.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler Tingkat SMP.

Hardani, et al. (2020).Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Jayanti, A,D. (2016). “Pelaksanaan Upacara Bendera Di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) Sebagai Upaya Penguatan Jiwa Nasionalisme Pada Siswa (Studi Kasus Di SMA Semesta Billingual Boarding School Semarang)”.Skripsi.Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Kartodirjo, S. (1992). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kurikulum Kepanduan Hizbul Wathan Tingkat Athfal, Pengenal, Penghela,

Penuntun. (2018). Yogyakarta: Pusat Pengadaan Perlengkapan HW. Mustoip, S., Muhammad, J., & Zulela MS. (2018).Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Narwanti, S. (2012).Pendidikan karakter (pengintengrasian 18 nilai karakter dalam mata pelajaran). Yogyakarta: Familia.

Ningsih, T. (2015).Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press, Purwokerto.

Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Pipit W. (2016).“Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Di Sekolah Berbasis Agama Islam”dalam JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Volume 1. No 1 (hlm. 27). Semarang: Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional, LPPM, Universitas Sebelas Maret.

Pusat Pengadaan PerlengkapanHW, (2019). Jaya Melati 1 Bahan Pelatihan Sebagai Bahan Serahan, Yogyakarta.

Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo.

Rokhman, F. (2013).Nasionalisme dan Karakter Bangsa dalam rangka 70 tahun Prof. Dr. H.A.T. Soegito, S.H, M.M. Fakultas Ilmu Sosial.Universitas Negeri Semarang.

Rosdiana, Wildan Novia (2020) “Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hizbul Wathan Di Lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah Banyumas”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Saepudin.(2019). Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensinya Dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al – Ghazali. Bintan: STAIN SULTAN ABDURRAHAMAN PRESS.

Siswati, Utomo, B., Muntholib, A.(2018). “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah Di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018” dalam Indonesia Jurnal of History Education 6 (1), (hlm 2). Semarang, Universitas Negeri Semarang.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Zubaedi.(2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter (untuk paud dan sekolah). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Hidayat, M. F., & Purnomo, B. (2021). Pembentukan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan. JEJAK | Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 1(1), 01-15. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jejak/article/view/13274

Issue

Section

Articles