Nilai Karakter Kepedulian Sosial Tokoh Mohammad Hatta

Authors

  • Ahmad Fathoni Universitas Jambi
  • Budi Purnomo Universitas Jambi
  • Nelly Indrayani Universitas Jambi

Keywords:

Karakter, Kepedulian Sosial Mohammad Hatta, Sumber Belajar Sejarah

Abstract

Nilai karakter kepedulian sosial tokoh Mohammad Hatta. Di dalam penelitian ini terdapat 2 rumusan masalah yaitu bagaimana kepedulian sosial tokoh Mohammad Hatta, bagaimana nilai-nilai karakter kepedulian sosial Mohammad Hatta sebagai sumber belajar sejarah siswa di SMA. Tujuan bagaimana nilai-nilai karakter tokoh Mohammad Hatta dijadikan sebagai sumber belajar sejarah siswa di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder dengan teknik analisis data berupa analisis induksi melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi, Perpustakaan Universitas Jambi, Perpustakaan wilayah Provinsi Jambi..

 

Kata Kunci : Karakter, Kepedulian Sosial Mohammad Hatta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarizi, S. (2017). Mohammad Hatta Biografi Singkat 1902-1980. Yogyakarta: GARASI

Asriana., Abdulkarim.,, & Komalasari. (2018). “Kajian Pemikiran Mohammad Hatta tentang Demokrasi di Indonesia” dalam Jurnal Civicus. Volume 18 No. 12 (hlm. 37). Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia

Ayu & Fakhruddin. (2017). “Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Jalanan di Kota Semarang melalui Progam Pendidikan Nonformal”. Volume 2 No. 1

Aziz, H. (2012). Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati. Jakarta: Al-Mawawardi Prima

Desmayanti. (2018). “Analisis Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarah di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi”. Skripsi. Jurusan P-IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi

Hafid. (2011). “Sumber dan Media Pembelajaran”. Sulesana. Volume 6 No. 2

Hanani & Sari. (2018). Bung Hatta & Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hatta, M. (2011). Untuk Negeriku. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara

Kesuma.,Triatna., & Permana. (2012). Pendidikan Kararkter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Lestari, N. (2018). “Analisis Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Se-kota Padang”. Jurnal Neraca. Volume 2 No.1

Maryono. (2015). “Bung Hatta, Proklamasi, Ilmuan, Penulis dan Karya-karyanya: Sebuah Analisis Bio-bibliometrik. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi”. Vol. 11 No. 2

Muawanah. (2018). “Pentingnya Pendidikan Untuk Tanamkan Sikap Toleransi di Masyarakat”. Jurnal Vijjacariya. Volume 5 No. 1

Muhibbuddin. (2019). Bung Hatta: Kisah Hidup dan Pemikiran Sang Arsitek Kemerdekaan. Yogyakarta: Araska

Munjiatun. (2018). “Penguatan Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan. Volume 6 No. 2

Nafisah, D. (2017). “Penananam Karakter Peduli Sosial bagi Mahasiswa melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat di BEM FKIP UMS Tahun 2016/2017”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Noer, D. (1991). Mohammad Hatta Biografi Politik. Jakarta: LP3ES

Parwati, D. (2018). “Pengaruh Model Value Clarification Tehnique (VCT) dalam Pembelajaran Sejarah terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI SMAN 1 Kota Jambi”. Skripsi. Jurusan P-IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi.

Permana & Budiningsih. (2017). “Pengembangan E-book Kepedulian Sosial sebagai Media Pendidikan Karakter di STKIP Widya Yuwana Madiun”. Jurnal Pendidikan Karakter. Volume 7 No. 2

Putry, R. (2018). “Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perpektif Kemendiknas”. Gender Equality. Volume 4 No. 1

Samrin. (2016). “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai)”. Jurnal Al-Ta’dib. Volume 9 No. 1

Samsinar. (2019). “Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”. Jurnal Kependidikan. Volume 13 No. 2

Saraswati. (2010). “Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar” Volume 1 No 1.

Sumandari, N. (2018). “Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Sutan Sjahrir pada Pembelajaran Sejarah di SMA”. Skripsi. NIM: A1A214026. Jurusan P.IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi..

Supriadi. (2015). “Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran”. Lantanida Journal. Vol. 3 No. 2

Yovitaningtyas, F. (2017). “Pengaruh Kepedulian Sosial terhadap Perilaku Active Defending pada Peristiwa Bullying pada Remaja”. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Zahro., Sumardi., & Marjono. (2017). “The Implementasi of The Character Education In History Teaching”. Jurnal Historica, Volume 1 No. 1

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Fathoni, A., Purnomo, B., & Indrayani, N. (2021). Nilai Karakter Kepedulian Sosial Tokoh Mohammad Hatta . JEJAK | Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 1(1), 44-58. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jejak/article/view/13273

Issue

Section

Articles