Analisis Kualitas Laporan Keuangan Tinjauan Dari Perspektif Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pengendalian Intern Akuntansi, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi (Studi Pada Dinas-Dinas di Kota Jambi)

Authors

  • Satria Febariansyah Magister Ilmu Akuntansi Pacasarjana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v3i1.4847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kapasitas sumber daya manusia, pengendalian intern akuntansi dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini membahas pengaruh kapasitas sumber daya manusia, pengendalian intern akuntansi dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian dilakukan terhadap 70 responden pada organisasi perangkat daerah di pemerintah daerah Kota Jambi. Jenis data yang digunakan data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa kapasitas sumber daya manusia tidak banyak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Sementara itu pengendalian intern akuntansi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan.

Kata Kunci:      Kualitas laporan keuangan, Kapasitas sumber daya manusia, pengendalian intern akuntansi, pemanfaatan teknologi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-10 — Updated on 2018-04-10

How to Cite

Febariansyah, S. (2018). Analisis Kualitas Laporan Keuangan Tinjauan Dari Perspektif Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pengendalian Intern Akuntansi, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi (Studi Pada Dinas-Dinas di Kota Jambi). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 3(1), 40-49. https://doi.org/10.22437/jaku.v3i1.4847