Pengaruh Pengendalian Intern Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Keandalan dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan pada Pemerintah Kabupaten Bungo (Studi pada Aparat Pemerintah di Seluruh Dinas Kabupaten Bun

Authors

  • Rama Dhonal Magister Ilmu Akuntansi Pacasarjana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v3i1.4846

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengendalian Intern Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Keandalan dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten Bungo. Penelitian ini merupakan survey research dan menggunakan data kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala dan staf sub bagian keuangan di dinas Kabupaten Bungo. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan sampel jenuh (sensus). Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Partial Least Square (PLS).

Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas SDM tidak berpengaruh terhadap keterandalan, namun pengendalian intern akuntansi dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap keandalan pelaporan keuangan. Pemanfaatan teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap ketepatwaktuan pelaporan keuangan, sementara pengendalian intern akuntansi dan kualitas SDM berpengaruh terhadap ketepatwaktuan pelaporan keuangan. Kualitas SDM tidak berpengaruh terhadap keandalan disebabkan karena minimnya staff atau pegawai yang berlatar belakang akuntansi dan taraf pendidikan yang masih relatif rendah dikarenakan masih adanya pegawai yang berlatar pendidikan SMA di dinas Kabupaten Bungo. Pemanfaatan teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap ketepatwaktuan pelaporan keuangan disebabkan karena sistem komputerisasi yang digunakan telah berumur dan sering terjadinya error serta tidak adanya staf atau pegawai khusus yang menangani hal tersebut sehingga dapat menghambat pekerjaan yang mengakibatkan waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan suatu pelaporan keuangan yang tepatwaktu akan semakin lama.

Kata Kunci:   Pengendalian intern akuntansi, pemanfaatan teknologi informasi, kualitas sumber daya manusia, keandalan dan ketepatwaktuan pelaporan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-10 — Updated on 2018-04-10

How to Cite

Dhonal, R. (2018). Pengaruh Pengendalian Intern Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Keandalan dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan pada Pemerintah Kabupaten Bungo (Studi pada Aparat Pemerintah di Seluruh Dinas Kabupaten Bun. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 3(1), 27-39. https://doi.org/10.22437/jaku.v3i1.4846