Determinan Implementasi Good Governance Serta Implikasinya pada Akuntabilitas Keuangan Daerah (Studi Empiris di Kota Jambi)

Authors

  • Finda Dwita Sari Magister Ilmu Akuntansi Pacasarjana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v3i1.4844

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji beberapa isu, yaitu pengaruh kompetensi aparatur pemerintah daerah, profesionalisme aparat pengawasan intern pemerintah, sistem pengendalian internal pemerintah dan implementasi standar akuntansi pemerintahan terhadap good governance serta implikasinya pada akuntabilitas keuangan daerah di Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory menggunakan kuesioner sebagai data primer. Teknik sample yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Bendahara, Kasubbag Keuangan dan Pengguna Anggaran di 25 dinas dan badan di pemerintah Kota Jambi. Metode analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan hanya sistem pengendalian internal pemerintah dan implementasi standar akuntansi pemerintahan yang berpengaruh terhadap good governance di Kota Jambi. Sistem pengendalian internal pemerintah adalah satu-satunya variabel yang berpengaruh terhadap akuntabilitas keuangan. Kompetensi aparatur pemerintah daerah, profesionalisme aparat pengawasan intern pemerintah, sistem pengendalian internal pemerintahan dan implementasi standar akuntansi pemerintahan tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas keuangan dengan good governance sebagai variabel intervening.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-24 — Updated on 2018-03-24

How to Cite

Sari, F. D. (2018). Determinan Implementasi Good Governance Serta Implikasinya pada Akuntabilitas Keuangan Daerah (Studi Empiris di Kota Jambi). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.22437/jaku.v3i1.4844