PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Authors

  • Ulfa Luthfia Nanda Magister Ilmu Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v2i2.4715

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komisaris independen, kepemilikan institusional, tipe industri, audit firm, profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 403 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2014. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Software SmartPLS 2.0. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, hasil penelitian  menunjukan bahwa secara simultan komisaris independen, kepemilikan institusional, tipe industri, audit firm, profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kedua, penelitian ini menemukan bahwa secara parsial variabel tipe industri dan audit firm berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sementara variabel komisaris independen, kepemilikan institusional dan profitabilitas tidak berpengaruh. Ketiga, ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh komisaris independen, kepemilikan institusional, tipe industri, audit firm, profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Kata Kunci :  Komisaris independen, kepemilikan institusional, tipe industri, audit firm, profitabilitas ukuran perusahaan, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-10 — Updated on 2018-03-10

How to Cite

Nanda, U. L. (2018). PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 2(2), 56-66. https://doi.org/10.22437/jaku.v2i2.4715