PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN JOB RELEVANT INFORMATION (JRI) DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei pada Perusahaan Perbankan di Kota Jambi)

Authors

  • Primadi Prasetio Magister Ilmu Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v2i2.4713

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial dengan mediasi job relevant information dan komitmen organisasi. Penelitian dilakukan terhadap 54 manajer perbankan di Kota Jambi dan dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap job relevant information dan komitmen organisasi. Job relevant information tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial sedangkan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Selanjutnya, job relevant information tidak memediasi hubungan partisipasi anggaran dan kinerja manajerial sementara komitmen organisasi memediasi hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajerial.

Kata Kunci:         Partisipasi anggaran, kinerja manajerial, job relevant information, komitmen organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-10 — Updated on 2018-03-10

How to Cite

Prasetio, P. (2018). PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN JOB RELEVANT INFORMATION (JRI) DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei pada Perusahaan Perbankan di Kota Jambi). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 2(2), 33-43. https://doi.org/10.22437/jaku.v2i2.4713