PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH

Authors

  • Wilza Utami Magister Ilmu Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v2i4.4707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh perencanaan anggaran, implementasi anggaran, pelaporan/pertanggungjawaban anggaran dan evaluasi kinerja terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan survey research dengan menggunakan instrumen kuesioner. Populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah pihak yang terkait pada penerapan anggaran berbasis kinerja, yaitu Kepala Dinas, Sekretaris dan Kepala Bagian Keuangan dan Perencanaan pada SKPD kategori dinas di lingkungan Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muaro Jambi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sensus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan regresi berganda.

Kata Kunci:  Perencanaan anggaran, implementasi anggaran, pelaporan/ pertanggungjawaban anggaran, evaluasi kinerja, dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-09 — Updated on 2018-03-09

How to Cite

Utami, W. (2018). PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 2(4), 56-68. https://doi.org/10.22437/jaku.v2i4.4707