FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY, PROFITABILTAS DAN REAKSI INVESTOR (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013)

Authors

  • Ronald N Girsang Magister Ilmu Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v2i4.4706

Abstract

Tujuan peneltian ini adalah untuk mengatahui factor-faktor yang mempengaruhi investor dalam mengambil keputusan dalam berinvestasi. Penelitian ini menguji faktor faktor yang mempengaruhi ketertundaan laporan keuangan atau sering disebut audit delay, profitabilitas dan reaksi investor. Populasi penelitian ini merupakan perusahaan perbankan yang terdaftar Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pengujian statistik analisis jalur dengan diagram kompleks. Penelitian ini menguji Sembilan hipotesis. Delapan hipotesis diterima, sedangkan satu hipoesis ditolak. Uji yang dilakukan untuk menerima atau tidaknya hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian penelitian  ini adalah sebagai berikut: audit delay dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, likuiditas dan Profitabilitas. Profitabilitas hanya dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, sedangkan likuditas  tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Reaksi investor dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas dan audit delay.

Kata Kunci:  Ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas, audit delay, reaksi investor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-09 — Updated on 2018-03-09

How to Cite

Girsang, R. N. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY, PROFITABILTAS DAN REAKSI INVESTOR (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 2(4), 44-55. https://doi.org/10.22437/jaku.v2i4.4706