PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Authors

  • Randy Try Rahmando Magister Ilmu Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v2i4.4702

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap manajemen laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi, ukuran perusahaan dan leverage secara simultan, parsial dan menghitung seberapa besar pengaruhnya terhadap manajemen laba. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini perusahaan manfaktur makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2009-2013. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 13 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan data panel. Hasil penelitian ini menunjukan asimetri informasi dan leverage tidak dapat berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba.

 Kata Kunci:     Pengaruh Asimetri Informasi, Ukuran Perusahan dan Leverage terhadap Manajemen Laba.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-09 — Updated on 2018-03-09

How to Cite

Rahmando, R. T. (2018). PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 2(4), 21-34. https://doi.org/10.22437/jaku.v2i4.4702