PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH, OPINI AUDIT DAN TEMUAN AUDIT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumatera Tahun 2010-2013)

Authors

  • Devilia Susanti Magister Ilmu Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v2i4.4701

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan permasalahan kinerja pemerintah daerah di Indonesia sejak diterapkannya otonomi daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan meneliti pengaruh  karakteristik pemerintah daerah, opini audit dan temuan audit terhadap kinerja pemerintah daerah, yang diukur dengan Skor Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) yang berasal dari Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD). Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara bersama-sama karakteristik pemerintah daerah, opini audit dan temuan audit berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemerintah daerah. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan karakteristik pemerintah daerah dan temuan audit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemerintah daerah, temuan audit memiliki pengaruh signifikan terhadap opini audit. Sementara itu, opini audit tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemerintah daerah dan karakteristik pemerintah daerah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap opini audit.

 Kata Kunci:     Karakteristik pemerintah daerah, opini audit, temuan audit, kinerja pemerintah daerah, Skor Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD), Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-09 — Updated on 2018-03-09

How to Cite

Susanti, D. (2018). PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH, OPINI AUDIT DAN TEMUAN AUDIT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumatera Tahun 2010-2013). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 2(4), 11-20. https://doi.org/10.22437/jaku.v2i4.4701