PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DANA ALOKASI KHUSUS (DAK), DAN DANA BAGI HASIL (DBH) TERHADAP ALOKASI BELANJA MODAL (Studi pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi Tahun 2009 – 2014)

Authors

  • Andi Kholidi Magister Ilmu Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v2i1.4691

Abstract

Tujuan Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Dana Bagi Hasil berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap Alokasi Belanja Modal pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan pengujian menggunakan regresi berganda, dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu sebelum mendapatkan model penelitian yang terbaik. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Dana Bagi Hasil yang di jadikan sebagai variabel bebas, Sedangkan Belanja Modal sebagai variabel terikat dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi, dengan Tahun Observasi dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2014.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara simultan seluruh variabel bebas yaitu Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan Dana Bagi Hasil berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil statistik Uji F dengan nilai signifikan sebesar 0,000 berada di bawah level 5% dan nilai adjusted R2 sebesar 62,5% variabel Belanja Modal dapat dijelaskan oleh variabel bebas yang ada yaitu Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Dana Bagi Hasil berpengaruh terhadap Belanja Modal, sedangkan sisanya  37,5 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang diluar model penelitian ini.

Sedangkan secara parsial Variabel Pendapatan Asli Daerah, dan Dana Alokasi Khusus tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Belanja Modal, sedangkan variabel Dana Alokasi Umum, dan Dana Bagi Hasil berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal, artinya setiap kenaikan Dana Alokasi Umum dan Dana Bagi Hasil akan mengakibatkan kenaikan Pada Alokasi Belanja Modal, begitu pula sebaliknya.

 

Kata Kunci :         Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Dana Bagi Hasil dan Belanja Modal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-09 — Updated on 2018-03-09

How to Cite

Kholidi, A. (2018). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU), DANA ALOKASI KHUSUS (DAK), DAN DANA BAGI HASIL (DBH) TERHADAP ALOKASI BELANJA MODAL (Studi pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi Tahun 2009 – 2014). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 2(1), 59-76. https://doi.org/10.22437/jaku.v2i1.4691