PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Bank-Bank yang Tergabung Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia 2010-2015)

Authors

  • Dede Pramurza Magister Ilmu Akuntansi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v2i1.4680

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance yang meliputi: Kepemilikan maanajerial, kepemiliakan institusional, Komposisi dewan komisaris independen, jumlah dewan direksi, komite audit dan kualitas audit terhadap Nilai Perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel moderating studi bank-bank yang tergabung pada indeks LQ 45 di BEI tahun 2010-2015.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang tergabung pada indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kriteria yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu perusahaan perbankan yang tergabung pada indeks LQ 45 di BEI per 1 Junauri 2010 - 2015  dan perusahaan masih tercatat di BEI dan saham perusahaan masih aktif diperdagangkan hingga saat ini.

Hail penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Mekanisme Good Corporate Governance yang meliputi : Kepemilikan maanajerial, kepemiliakan institusional, Komposisi dewan komisaris independen, jumlah dewan direksi, komite audit dan kualitas audit berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan proxy price to book value  semantara secara parsial kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, Komposisi dewan Komisaris independen dan komite audit berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan jumlah dewan direksi dan Kualitas audit tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Manajemen laba merupakan variabel moderating pada penelitian ini, dalam hal ini manajemen laba memperlemah pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci : Good Corporate Governance Nilai Perusahaan, Manajemen Laba

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-08 — Updated on 2018-03-08

How to Cite

Pramurza, D. (2018). PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Bank-Bank yang Tergabung Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia 2010-2015). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.22437/jaku.v2i1.4680