PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PENGGUNAAN NYATA TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI LAPORAN KEUANGAN

Authors

  • Tumarni .

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v1i1.2380

Abstract

ABSTRAK

Tuntutan masyarakat terhadap pelaksanaan transparasi dan akuntabilitas publik terhadap kegiatan pemerintahan khususnya di pemerintah daerah tidak dapat dielakkan lagi, hal ini yang mendorong kinerja pemerintah khususnya pemerintah daerah agar melakukan reformasi sistem akuntabilitas keuangan daerah. Agar pelaksanaan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) dapat berjalan dengan efektif dan efisien Reformasi dibidang SIKD ditandai dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 tahun 2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD).

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan pengguna nyata terhadap kepuasan pemakai laporan keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi. Penelitian ini mempergunakan model Analisis Structural Equation Modelling (SEM) PLS. Alat uji yang dipergunakan yaitu WarpPLs 3.0. Sampel penelitian sebesar 121 individu yang bekerja sebagai staf keuangan, dengan teknik pengambilan sampel dengan penentuan kriteria. Hasil studi memperlihatkan hubungan yang signifikan antara variabel kualitas sistem, kualitas informasi dan pengguna nyata terhadap kepuasan pemakai laporan keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-07-01 — Updated on 2015-07-01

How to Cite

., T. (2015). PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PENGGUNAAN NYATA TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI LAPORAN KEUANGAN. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 1(1). https://doi.org/10.22437/jaku.v1i1.2380