ANALISIS VARIABEL-VARIABEL AUDIT EXPECTATION GAP ATAS HASIL AUDIT BPK (Studi Empiris Pada Pemerintahan Kota Jambi Tahun 2013)

Authors

  • Dwi Febri Yandi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v1i1.2375

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti secara empiris mengenai apakah terdapat audit expecation gap dari sisi pelaporan audit, akuntabilitas, independensi auditor, kompetensi auditor, materialitas, bukti audit, pendapat wajar dan audit kinerja antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah. Penelitian ini menggunakan sampel dari 120 responden yang terdiri atas 30 auditor pemerintah (BPK) Provinsi Jambi, 30 anggota DPRD Kota Jambi, 30 pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Jambi, dan 30 pegawai Inspektorat Kota Jambi. Pengumpulan data menggunakan Purposive sampling. Data penelitian secara statistik dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 17.00. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Kruskal-Wallis Test.

Hasil penelitian adalah: 1) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi Pelaporan Audit antara auditor BPK Provinsi Jambi dan pengguna laporan keuangan daerah di Pemerintah Kota Jambi, 2) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi akuntabilitas antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 3) Terdapat Audit Expectation Gap dari sisi independensi antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 4) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi kompetensi auditor antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 5) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi materialis antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 6) Terdapat Audit Expectation Gap dari sisi bukti audit antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 7) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi pendapat wajar antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 8) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi audit kinerja antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah di Pemerintah Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-07-01 — Updated on 2015-07-01

How to Cite

Yandi, D. F. (2015). ANALISIS VARIABEL-VARIABEL AUDIT EXPECTATION GAP ATAS HASIL AUDIT BPK (Studi Empiris Pada Pemerintahan Kota Jambi Tahun 2013). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 1(1). https://doi.org/10.22437/jaku.v1i1.2375