Perbedaan Hasil Proses Pembelajaran Luring dan Daring Pada Mata Kuliah Praktikum Auditing di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Politeknik Pusmanu Pekalongan)

Authors

  • Anni Safitri politeknik pusmanu
  • Siska Dewi Dosen Prodi Akuntansi Politeknik Pusmanu – Indonesia
  • Kusuma Wijaya Dosen Prodi Akuntansi Politeknik Pusmanu – Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v7i1.17344

Keywords:

Pembelajaran Luring, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran luring dan metode pembelajaran daring pada mata kuliah praktikum auditing serta keefektivan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi komparasi yaitu  membandingkan hasil evaluasi belajar sebelum adanya pandemi dengan sistem luring dengan pembelajaran saat terjadinya pandemi yaitu sistem daring. Hasil evaluasi mata kuliah praktikum auditing sebelum pandemi secara luring dibandingkan dengan hasil evaluasi mata kuliah praktikum auditing saat wabah Covid-19 menyerang  (secara daring/online). Adapun yang menjadi objek penelitian adalah mahasiswa akuntansi Diploma 3 di Politeknik Pusmanu Pekalongan yang mengikuti perkuliahan secara luring dan daring. Hasil dari penelitian bahwa ada perbedaan antara metode belajar Luring dengan metode Daring. Metode Luring memiliki nilai lebih rendah dibandingkan dengan metode Daring. Dalam hal ini dimungkinkan terjadi karena mahasiswa di era milenial ini banyak yang menguasai tentang teknologi dan terbiasa menggunakan alat/aplikasi komunikasi yang berbasis online, sehingga mereka pada saat ada perubahan metode dari Luring menjadi Daring tidak menjadi masalah besar dan mereka akan menyesuaikan dengan metode terbaru dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekantini, Anita. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring Dan Daring Pada Mata Pelajaran IPA SMP.†Jurnal Pendidikan Madrasah 5(2): 187–93.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Melida, D & Hufri, M. (2014). Pengaruh Medai Prezi The Zooming Presentations Tergadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA N 12 Padang. Pillar Of Physic Education. 4(4): 113-120.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Purnawinadi, I Gede. 2020. “Analisis Hasil Belajar Biostatistika Berdasarkan Metode Pembelajaran Luring Dan Daring (Studi Komparatif Nilai Akhir Semester Mata Kuliah Biostatistika Sebelum Dan Saat Pandemi COVID-19 Di Perguruan Tinggi Swasta Di Sulawesi Utara).†In Sulawesi Utara: Seminar Nasional Official Statistics 2020 - Online - Statistics in The New Normal: A Challenge of Big Data and Official Statistics.

Rahmatia, M., & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 212–227.

Susilana, R. dan Riyan, C. (2010). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Jakarta: CV Wacana Prima.

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Safitri, A., Dewi, S., & Wijaya, K. (2023). Perbedaan Hasil Proses Pembelajaran Luring dan Daring Pada Mata Kuliah Praktikum Auditing di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Politeknik Pusmanu Pekalongan). JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (E-Journal), 7(1), 31-38. https://doi.org/10.22437/jaku.v7i1.17344