Pengaruh Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Belanja Modal (Studi di Kabupaten/Kota Provinsi Jambi Tahun 2014 – 2018)

Authors

  • Nuri Andriyani Inspektorat Pemda Provinsi Jambi
  • Mukhzarudfa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Enggar Diah PA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v5i2.10263

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kinerja keuangan pemerintah daerah terhadap belanja modal di Kabupaten/Kota Provinsi Jambi baik secara simultan maupun secara parsial yang dilihat dari rasio pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD), rasio desentralisasi fiskal, rasio efektivitas dan rasio efisiensi.

Penelitian ini menggunakan analisis pendekatan kuantitaf. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk time series yaitu berupa Laporan Realisasi Anggaran Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi tahun 2014 – 2018.

 Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan bantuan E-Views 8. Hasil pengujian dengan regresi data panel menggunakan Random Effect Model (REM) menunjukkan bahwa kinerja keuangan secara simultan berpengaruh terhadap belanja modal Kabupaten/Kota Provinsi Jambi pada tahun 2014-2018 dan secara parsial rasio pertumbuhan PAD berpengaruh terhadap belanja modal, rasio desentralisasi fiskal tidak berpengaruh terhadap belanja modal, rasio efektivitas tidak berpengaruh terhadap belanja modal, dan rasio efisiensi berpengaruh terhadap belanja modal.

Kata Kunci:   Kinerja keuangan, Rasio Pertumbuhan PAD, Rasio Desentralisasi Fiskal, Rasio Efektivitas, Rasio Efisiensi dan Belanja Modal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-07-29

How to Cite

Nuri Andriyani, Mukhzarudfa, & Enggar Diah PA. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Terhadap Belanja Modal (Studi di Kabupaten/Kota Provinsi Jambi Tahun 2014 – 2018). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 5(2), 132-144. https://doi.org/10.22437/jaku.v5i2.10263

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>