This is an outdated version published on 2020-06-01. Read the most recent version.

Peningkatan Kemampuan Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match pada Siswa Kelas VI B SD Negeri 61/X Talang Babat

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9427

Keywords:

Kemampuan matematika, Model Pembelajaran, Make a Match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematika materi bangun ruang melalui model pembelajaran kooperatif make a match pada siswa kelas IV B SD Negeri 61/X Talang Babat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitan ini terdiri dari 3 siklus dan setiap siklus terdapat satu kali pertemuan. Tahapan setiap siklus adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B SD Negeri 61/X Talang Babat tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 26 orang siswa. Data penelitian ini adalah teks dan angka tentang kemampuan siswa dalam materi bangun ruang. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menyebutkan adanya peningkatan kemampuan siswa kelas IV B SD Negeri Talang Babat pada materi bangun ruang melalui model pembelajaran kooperatif make a match. Kriteria keberhasilan penelitian adalah 70,00 nilai tersebut diperoleh pada siklus ke-tiga. Peningkatan nilai dari siklus pertama sampai ketiga adalah 65,15 menjadi 66,81 menjadi 77,15. Hasil refleksi siklus pertama belum mampu mencapai kriteria keberhasilann dikarenakan belum terbiasa menerapkan model pembelajaran kooperatif make a match. Jumlah siswa yang mencapai kriteria keberhasialan pada siklus ketiga adalah 21, yang belum mencapai adalah 5 siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif make a match dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV B SD Negeri 61/X Talang Babat materi bangun ruang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B.Uno Hamzah .2006. Perencanaan Pembelajaran,Jakarta: Bumi Aksara .
Djaali H 2009. Psikologi Pendidikan Jakarta:PT. Buana Aksara.
Dwiastuti, Yayuk. 2014. Penerapan model pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan kemampuan menjumlah berbagai macam bentuk pecahan pada siswa kelas V SD
Hamalik Oemar.2010. Kurikulum dan Pembelajaran(Ed ke 1 Cet 10) Jakarta: Bumi Aksara.
Karso. 2002. Pendidikan Matematika I.(Cet ke 5) Jakarta : Universitas Terbuka
Muhsetyo Gatot dkk. 2010.Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Muslich Masnur. 2009.Melaksanakan PTK itu Mudah( Classroom Action Research). Jakarta : Bumi Aksara.
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI no 57 tahun 2014
Rusman 2016 Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (ed. ke 2.cet ke 6) .Jakarta : Rajawali Pers.
Santoso, E. 2017. Penggunaan model pembelajaran konstektual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar.
Suyatno 2009.Menjelajah pembelajaran Inovatif.Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Suryadin Asyraf dan Rostini Tien. 2011.Pengembangan Profesi Guru .Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Bandung : Amalia Book.
Standar Isi .Badan Standar Nasional Pendidikan.
Wena Made. 2010.Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer.Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-06-01

Versions

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match pada Siswa Kelas VI B SD Negeri 61/X Talang Babat. (2020). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 110-124. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9427