This is an outdated version published on 2017-12-08. Read the most recent version.

Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6810

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kualitas motivasi belajar siswa sesudah mengunakan media buku cerita bergambar di Kelas III SD 43/I Desa Selat Kecamatan Pemayung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. sampel dalam penelitian ini ialah siswa Kelas III SD 43/I Desa Selat Kecamatan Pemayung yang berjumlah 21 orang. Berdasarkan analisis data Kualitas motivasi belajar siswa pada tes awal dari jawaban angket dengan jumlah siswa 21 diperoleh jumlah keseluruhan 1331 sehingga memiliki rata-rata sebesar 63.38 memiliki criteria baik dan kualitas motivasi belajar siswa pada tes akhir dari jawaban angket dengan jumlah siswa 21 diperoleh jumlah keseluruhan 1369 sehingga memiliki rata-rata sebesar 65.19 memiliki criteria baik. Untuk pengujian dari uji hipotesis non parametik diatas di situ telah dihitung Z hitung= 1.96, jika α = 0.05, maka dengan n = 21 diperoleh nilai kritis 0.7734, sehingga z hitung > dari z tabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap motivasi belajar pada Siswa Kelas III SD 43/I Desa Selat Kecamatan Pemayung, dihitung Z hitung= 1.96, jika α = 0.05, maka dengan n = 21 diperoleh nilai kritis 0.7734, sehingga z hitung > dari z tabel.

Kata Kunci : Cerita Bergambar, Motivasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-08

Versions

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. (2017). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 256-274. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6810