This is an outdated version published on 2017-12-08. Read the most recent version.

Pengalaman Terbaik Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Buku Perpustakaan Pada Siswa Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6805

Abstract

Abstrak. Tujuan dari  penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara menumbuhkan minat membaca buku-buku perpustakaan pada siswa di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini Best Pratices dengan pendekatan Qualitatif. Informan penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar 186/1 Sridadi, Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa minat membaca siswa kelas V SDN 186/1 pada buku-buku perpustakaan tergolong tinggi. Untuk mengetahui minat membaca siswa tergolong tinggi atau rendah dapat kita lihat dari frekuensi dan kuantitas membaca serta kuantitas sumber bacaan menjelaskan bahwa jika minat seseorang tergolong tinggi maka orang tersebut akan selalu sering kali melakukan kegiatan membaca dan orang tersebut akan berusaha mencari sumber bacaan yang bervariatif. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam menumbuhkan minat membaca siswa kelas V SDN 186/1 sridadi siswa-siswa diberikan perlakuan-perlakuan khusus agar minat membaca siswa tumbuh dan adapu perlakuan-perlakuan yang diberikan kepada siswa yaitu, 5 menit sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar siswa di wajibkan untuk membaca, memberika hadiah (reward) berupa buku kepada siswa yang rajin mengunjungi perpustakaan, dan kemudian jadikan membaca sebagai kegiatan setiap hari.

Kata Kunci : Minat baca, Siswa Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-08

Versions

How to Cite

Pengalaman Terbaik Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Buku Perpustakaan Pada Siswa Sekolah Dasar. (2017). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 185-201. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6805