This is an outdated version published on 2017-06-10. Read the most recent version.

Meningkatkan Nilai Karakter Bersahabat Melalui Model Teams Games Tournaments Di SDIT Al-Azhar Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6780

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model teams games tournaments dapat meningkatkan nilai karakter bersahabat di kelas IV SDIT AL-AZHAR Kota jambi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian yaitu Terjadinya peningkatan karakter bersahabat pada siswa kelas IV E SDIT Al-Azhar jambi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). Dengan siklus I mendapatkan persentase 47.62% dengan pertemuan pertama mendapat presentase 38.1% dan pertemuan kedua mendapat presentase 47.62% sehingga diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II dalam mendapatkan persentase 80,96% dengan pertemuan pertama mendapat presentase 76,19% dan pertemuan kedua mendapat presentase 76,19% sehingga pada siklus II penelitian dihentikan karena sudah mencapai kriteria keberhasilan yang diinginkan yaitu dengan persetase 75%. Kesimpulan yaitu model teams games tournaments dapat meningkatkan nilai karakter bersahabat di kelas IV SDIT AL-AZHAR Kota jambi.

Kata Kunci : Karakter Bersahabat, Teams Games Tournaments

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-10

Versions

How to Cite

Meningkatkan Nilai Karakter Bersahabat Melalui Model Teams Games Tournaments Di SDIT Al-Azhar Kota Jambi. (2017). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 19-35. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6780